Akhir Kisah Misi Heroik Penyelamatan 12 Anak di Gua Thailand

11 July 2018 by
Akhir Kisah Misi Heroik Penyelamatan 12 Anak di Gua Thailand

Misi penyelamatan 13 orang yang tergabung dalam tim sepak bola 'Babi Liar' dari Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand, berjalan sukses. Proses evakuasi ke-12 anak dan seorang pelatihnya itu menjadi sorotan dunia.

Setelah terjebak dalam gua selama kurang lebih 17 hari, para korban akhirnya berhasil keluar. Penyelamatan dilakukan oleh lebih dari 1.000 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang, keahlian, serta negara.

Berikut kumparan rangkum peristiwa yang menimpa anak-anak tersebut sejak awal terjebak hingga akhirnya diselamatkan.

- Sabtu 23 Juni

Sebanyak 12 anak berusia 11 sampai 16 tahun dan seorang pelatih berusia 25 tahun pergi ke Gua Tham Luang untuk merayakan ulang tahun salah satu teman mereka. Nahas, mereka terjebak di gua akibat banjir.

Orang tua melapor ke polisi setelah anak-anak itu tidak juga pulang hingga larut malam. Polisi yang melakukan pencarian menemukan sepeda, sepatu, dan bola, di dekat mulut gua.

- Minggu 24 Juni

Polisi menemukan jejak kaki anak-anak di mulut gua.

- Senin 25 Juni

Navy SEAL Thailand lakukan pencarian. Anak-anak itu diyakini masih hidup dan berlindung di "Pantai Pattaya", daerah tinggi yang terhindar dari banjir, beberapa kilometer dari mulut gua. 

- Rabu 27 Juni

Pencarian akhirnya melibatkan 1.000 orang dari berbagai latar belakang dan keahlian. Selain dari Thailand sendiri, ada yang datang dari Inggris, AS, China, Australia, Laos, Myanmar, dan Israel. Pos-pos pencarian didirikan di dalam gua.

- Senin 2 Juli

12 anak dan pelatih ditemukan masih hidup oleh dua penjelajah gua asal Inggris. Mereka ditemukan sekitar 4 kilometer dari mulut gua.

Meski telah ditemukan, mereka tidak dapat langsung dikeluarkan karena gua dibanjiri air. Akhirnya, makanan dan kebutuhan medis untuk jatah 4 bulan dikirimkan kepada anak-anak tersebut.

Selama berada di gua, mereka bertahan hidup dengan memakan air yang menetes dari dinding gua dan makanan ringan seadanya yang dibeli untuk merayakan ulang tahun salah satu anak. Pelatih mereka juga mengajak bermeditasi untuk menyimpan energi.

- Rabu 4 Juli

Anak-anak itu diajari berenang dan menyelam. Sementara itu, di luar tim penyelamat memompa air keluar dari gua.

- Jumat 6 Juli

Seorang anggota Navy SEAL Thailand, Saman Kunan, tewas saat mengantarkan tabung oksigen untuk anak-anak. Kematian Kunan menunjukkan risiko yang sangat besar dalam penyelaman gua. Apalagi salah satu bagian gua hanya selebar setengah meter.

- Minggu 8 Juli

Penyelamatan dimulai. Anak-anak itu memakai masker oksigen dan meniti tali pemandu yang telah terpasang.

Beberapa penyelam akan menuntun anak-anak itu di dalam air sambil membawa tabung oksigen mereka. Tabung oksigen juga disiapkan sepanjang perjalanan.

Hingga pada malam harinya, empat anak berhasil dikeluarkan. Operasi dihentikan sementara sekitar 10 jam untuk mempersiapkan oksigen dan perangkat lainnya.

- Senin 9 Juli

Empat anak kembali diselamatkan. Penyelamatan pada hari itu berjalan lebih cepat karena lebih banyak anggota yang dikerahkan serta volume air yang mulai surut.

-Selasa 10 Juli

Misi berakhir total ada 12 anak berusia 11-16 tahun dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun dievakuasi dari dalam gua. 

"Pahlawan kali ini adalah semua orang di penjuru dunia. Misi ini berhasil karena kami punya kekuatan. Kekuatan cinta. Semua orang mengirimkan (cinta) kepada 13 orang itu," kata Ketua Tim Penyelamat Narongsak Osottanakorn

Kendati demikian anak-anak dan pelatihnya masih dilarang bertemu keluarga lantaran menjalani karantina di rumah sakit sebelum diperbolehkan pulang.

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
80%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
13%

Kaget

Sad
7%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
177 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
tudes 19 July 2018 | 21:58:38

sebuah akhir yang manis apalagi prestasi yang bagus sekali bisa menyelamatkan semua korban disana

Pasir Bedog 19 July 2018 | 11:28:28

lagian tu bocah kenapa bisa ada didalem

shadow salatiga 18 July 2018 | 20:01:12

syukurlah akhirnya bisa baca artikel ini menarik dan keren banget untuk di baca dan

desman 17 July 2018 | 09:21:47

benar benar heroik dan kisah yang luar biasa salut sekali deh dengan aksi penyelamatannya

budi man 15 July 2018 | 07:44:56

misi penyelamatan ima watun bisa terima omongan aku juga ga bisa di terima di sini lagi di urus

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top