icon-category Digilife

Akhirnya Bisa Ngetwit di Twitter Circle, Fitur Mirip 'Close Friends' IG

  • 11 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Jeremy Bezanger/Unsplash

    Uzone.id – Twitter bisa dibilang bagaikan mini diary para penggunanya. Nulis apapun tanpa panjang lebar bisa ditumpahkan di platform ini. Setelah belasan tahun hadir di Indonesia, akhirnya Twitter menghadirkan fitur mirip Close Friends di Instagram yang diberi nama Circle.

    Bocoran mengenai fitur ini memang sudah ada sejak lama. Dari pantauan Uzone, fitur ini akhirnya muncul hari Senin (11/7).

    “Twitter Circle adalah cara untuk mengirim twit ke orang-orang pilihan agar kalian bisa membagikan pemikiran dan opini kepada audiens lebih kecil. Kalian yang pilih siapa saja yang masuk Twitter Circle, dan hanya mereka yang bisa membalas dan berinteraksi dengan twit tersebut,” jelas pihak Twitter di dalam laman resminya.

    Mereka juga menggarisbawahi bahwa Twitter Circle masih berada di tahap awal dan saat ini belum semua penggunanya dapat mencoba dan mengaktifkan fitur ini.

    Baca juga: Resmi, Elon Musk Batal Beli Twitter

    Saat tim Uzone membuka aplikasi Twitter di ponsel berbasis iOS, langsung muncul notifikasi bahwa Twitter Circle sudah tersedia.

    Opsi Twitter Circle ini dapat dilihat jika kita membuka opsi “New Tweet” melalui tombol (+) yang ada di pojok kanan laman Home.

    Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina

    Lalu, ada opsi di samping foto profil kita: Everyone dan Twitter Circle.

    Jika kita memilih Everyone, maka twit yang kita bagikan nantinya dapat dilihat oleh semua follower (dan orang lain dari seluruh dunia apabila akun kita tidak digembok).

    Kalau memilih Twitter Circle, di sampingnya ada opsi ‘Edit’ agar kita bisa langsung menggunakan fitur ini dengan cara menambahkan akun-akun teman yang kita inginkan.

    Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina

    Begini langkahnya:

    1. Pilih Twitter Circle di tampilan ‘Compose Tweet’ > klik Edit
    2. Geser laman ke bagian ‘Recommended’
    3. Twitter akan menampilkan berbagai akun yang mengikuti kita, alias follower kita
    4. Siapapun yang ingin kita masukan ke Circle, tinggal klik ‘Add’ di samping profil mereka
    5. Kita bisa melihat daftar Circle di bagian ‘Twitter Circle’ di samping ‘Recommended’
    6. Jika kita ingin menghapus akun-akun tertentu, tinggal klik opsi ‘Remove’

    Sesuai yang ditulis Twitter, orang-orang yang kita pilih masuk ke dalam Circle, mereka tidak akan mendapatkan notifikasi. Pun begitu sebaliknya, jika kita remove mereka, Twitter juga tidak akan memberikan notifikasi apa-apa.

    Kalau sudah dapat fitur ini, cobain ya!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini