icon-category Startup

Akhirnya, Tanijoy Buka Suara Atas Dugaan Penggelapan Dana Investor

  • 28 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Startup Tanijoy yang berfokus di bidang pertanian menjadi bahan pembicaraan terkait ketidakpastian pengembalian dana kepada para investor.

    Dana sebanyar Rp4 Miliar lebih dari 400 investor kini diambang ketidakpastian dan tidak jelas statusnya. Tanijoy diduga tidak mencairkan dana-dana investor padahal projek yang dijalankan sudah selesai.

    Setelah sebelumnya tidak membuka suara terkait tuduhan ini, pihak Tanijoy akhirnya menjelaskan masalah pengembalian dana yang kini menimpa investor mereka.

    Dalam keterangannya, Rabu (28/07) kemarin, Tanijoy menjelaskan bahwa permasalahan ini bermula pada bulan Maret 2020 hingga akhir 2020. Beberapa proyek mengalami kegagalan karena faktor force majeur dan mereka berupaya untuk menyelesaikan masalah. Selain itu Tanijoy juga menyebutkan bahwa beberapa petani belum bisa memenuhi pengembalian dana hingga masa perpanjangan kontrak yang ditentukan.

    Menurut Tanijoy, usaha tani yang telah berhasil dijalankan serta dana yang telah dikembalikan oleh para mitra tani dan diterima pendana sekitar 78,28 persen.

    “Diketahui pula bahwasanya masih terdapat outstanding yang belum terbayarkan kepada pendana sebesar 21,72 persen,” ungkap manajemen Tanijoy.

    Pihak Tanijoy juga menyatakan bahwa dana yang belum terbayarkan tersebut akan diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tanijoy mengambil beberapa langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan ini.

    Langkah-langkah tersebut diantaranya melakukan virtual meeting dengan pendana yang telah dilakukan sebanyak empat kali, kemudian forum diskusi bagi investor yang terdampak.

    Selain itu, Tanijoy melakukan debt collection dari mitra tani hingga memenuhi tanggung jawabnya, kemudian upaya penjadwalan untuk semua proses penarikan dana yang terlambat.

    Tanijoy juga menyiapkan surat pernyataan dimana pihak perusahaan dan pendana sepakat untuk mencari penyelesaian yang ditandatangani bersama. Yang terakhir, solusi pengembalian dana para investor akan dilakukan dengan menagih (collection) pada petani yang menunggak.

    Pihak manajemen juga mengatakan akan memberikan garansi untuk penyelesaian pembayaran tersebut maksimal selama tiga tahun ke depan. 

    Bagi para investor yang terdampak, Tanijoy membagikan customer handling di nomor 0838-3452-1991 atau email support@tanijoy.id.

    Di akhir, pihak manajemen Tanijoy mengungkapkan perminta maafannya atas dinamika yang terjadi kepada para pendana dan masyarakat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini