icon-category Gadget

Akhirnya! Xiaomi 14 Dipastikan Masuk Indonesia, Sudah Lolos TKDN

Uzone.id - Penantian para Mi Fans Indonesia yang menunggu kehadiran ponsel flagship Xiaomi akhirnya terbayar sudah. Sempat dibuat kecewa karena Xiaomi 13 tidak diluncurkan secara resmi, Xiaomi akhirnya memastikan kehadiran Xiaomi 14 ke Indonesia.

Xiaomi 14 baru-baru ini lolos TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI. Ponsel dengan nomor model Xiaomi 23127PN0CG itu telah mengantongi sertifikat TKDN dengan nilai 38,20 persen.

Tapi, dari pantauan tim Uzone.id di situs TKDN Kemenperin, tak nampak Xiaomi 14 Pro di sana. Entah belum mendapatkan restu dari Kemenperin atau Xiaomi memang hanya menjual Xiaomi 14 reguler saja di Indonesia.

Kendati begitu, ini jadi kabar baik bagi para Mi Fans yang menantikan kehadiran ponsel flagship Xiaomi di tanah air. Maklum, ponsel ‘tercanggih’ Xiaomi yang diluncurkan di tahun ini hanya Xiaomi 13T saja yang mengusung kamera Leica.

Untuk diketahui, Xiaomi 14 adalah smartphone pertama di dunia dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3. Selain itu. Ponsel ini juga jadi yang pertama dengan sistem operasi terbaru Xiaomi bernama HyperOS.

alt-img

Ponsel ini tampil dengan form factor yang lebih kompak. Ukuran layarnya 6,36 inci dengan jenis LTPO OLED 12-bit beresolusi 1.200 x 2.670 piksel, dan sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Intensitas cahaya layar mencapai 3.000 nits, salah satu yang tertinggi saat ini. Belum lagi, layarnya diperkuat oleh lapisan Dragon Crystal Glass.

Disandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 3, Xiaomi 14 dilengkapi RAM LPDDR5X dengan kapasitas sampai 16 GB, memori penyimpanan UFS 4.0 hingga 1 TB, dan baterai dengan kapasitas 4.610 mAh dengan dukungan fast charging 90W dan wireless charging 50W.

Di sektor kamera, Xiaomi 14 menggunakan sensor baru 50 MP berukuran 1/1,31” yang dilengkapi lensa Leica Summilux khusus yang lebih terang. Lensa ini mendukung variable aperture dari f/1.42 pada titik terlebar hingga f/4.0. 

Kemudian, ada kamera telephoto dengan sensor 50 MP. Baik kamera utama dan telephoto sudah didukung optical image stabilization (OIS). 

Lalu ada kamera ultrawide dengan sensor 50 MP, sayang tak ada dukungan autofocus pada kamera ini, beda dengan varian Pro. Di depan, Xiaomi menaruh kamera 32 MP pada lubang kamera di atas layar.

Di China, Xiaomi 14 dibanderol dengan harga mulai Rp8,6 jutaan sampai Rp10,8 jutaan untuk varian tertingginya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini