icon-category Auto

Aksi Tesla Model X P100D Tarik Pesawat Boeing 787-9 Dreamliner

  • 26 May 2018 WIB
Bagikan :

Mobil listrik memang menjanjikan performa torsi atau daya puntir yang tak bisa dianggap remeh. Sebab, bila mobil dengan mesin pembakaran internal perlu putaran tertentu untuk mendapatkan torsi besar, mobil listrik justru sebaliknya. Makanya, kalau kamu mengendarai mobil listrik Tesla, rasanya seperti naik jet coaster.

Sebagai pembuktian, model sport utility vehicle (SUV) Tesla, yakni Model X P100D ditantang untuk menyabet gelar Guinness World Record, sebagai mobil yang mampu menarik pesawat Boeing 787-9 Dreamliners milik Qantas Airways. 

Carscoops melansir, di Bandar Udara Avalon, Melbourne, Australia, mobil hasil garapan perusahan besutan Elon Musk ini berhasil menarik pesawat komersil dengan jarak sejauh 300 meter. Padahal bobot pesawat yang ia tarik lebih dari 100 ton. 

Dalam unggahan video tersebut, sama sekali tidak terlihat adanya hambatan yang dialami oleh mobil listrik yang satu ini. Meskipun, Tesla hanya bisa melakukannya dengan kecepatan yang sangat terbatas. Tesla Model X P100D sendiri yang menarik Boeing 787-9 Dreamliners punya torsi sebesar 9.500 Nm. 

"Sampai hari ini, belum pernah terjadi sebuah pesawat penumpang diderek oleh mobil listrik penumpang. Mobil Tesla Model X P100D yang memiliki tenaga besar sebagai mobil listrik, berhadapan dengan pesawat Qantas terbaru, Boeing 787-9 Dreamliner,” ungkap pihak Qantas.

Bila dibandingkan, pesawat Boeing 787-9 sendiri diketahui memiliki kapasitas penumpang sebanyak 236 orang. Sementara untuk Tesla Model X hanya mampu mengakomodasi antara 5-7 penumpang. Dan jika pesawat dapat menempuh jarak hingga 14.500 km, mobil listrik yang satu ini sanggup menempuh 565 km.

Kolaborasi antara Tesla dan Qantas kali ini bukanlah proyek pertama yang mereka lakoni. Sebelumnya, Tesla dan Qantas juga pernah berkolaborasi dengan menggelar drag race antara Tesla Model S P90D dan Boeing 737.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Tags : Tesla Boeing 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini