home ×
Digilife

Akun Twitter Ini Beri Info Akurat Soal Virus Corona di Indonesia

02 March 2020 By
Akun Twitter Ini Beri Info Akurat Soal Virus Corona di Indonesia
Uzone

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mengumumkan dua orang di Indonesia positif terkena virus corona. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto juga telah menyatakan bahwa domisili dua tersebut di Depok, Jawa Barat. Beberapa saat setelah informasi tersebut beredar, akun @KawalCOVID19 muncul di Twitter.

Baca juga: 2 WNI Kena Virus Corona, Depok Jadi Trending Topic Nomor 1

Dalam cuitan pertama, mereka menjelaskan bahwa akun @KawalCOVID19 dibuat untuk mengawal info akurat tentang virus corona di Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selamat siang. Kita sudah menelusuri informasi minggu lalu yang menyebutkan bahwa terdapat seorang warga negara Jepang yang positif mengidap korona di Malaysia dan sebelumnya melakukan perjalanan ke Indonesia. Tim dari Indonesia langsung menelusuri alur perjalanan orang tersebut selama di sini: ke mana saja, bertamu ke mana, bertemu dengan siapa. Hasilnya, tim dari Indonesia menemukan dua orang yang telah berhubungan dengan warga negara Jepang tersebut, seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun, positif terinfeksi virus korona. Keduanya saat ini sudah dalam perawatan dan penanganan sesuai dengan standar yang berlaku secara internasional. Perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar serius dalam menghadapi kasus ini. Kita telah mempersiapkan lebih dari 100 rumah sakit di dalam negeri, yang dilengkapi dengan ruang isolasi yang baik, dengan peralatan yang memadai sesuai dengan standar internasional. Saya juga mengimbau kepada seluruh rakyat untuk senantiasa menjaga tubuh agar tetap fit, rajin mencuci tangan, dan menghindari kontak-kontak yang tidak perlu.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

“Halo, ini twit pertama Mimin atas nama "Kawal" di bulan Maret 2020. Akun @KawalCOVID19 ini adalah inisiatif sebagian founder & relawan @KawalPemilu2019 untuk mengawal info akurat tentang #COVID19indonesia di Indonesia. Hashtag yang akan kami gunakan #kawalcovid19 #kawalcorona,” tulis akun @KawalCOVID19.

Relawan @KawalCOVID19 terdiri dari praktisi kesehatan: dokter, peneliti, serta profesional di berbagai bidang yang cukup terkait dengan virus corona. Saat ini, tim infrastruktur IT mereka sedang mempersiapkan satu pusat informasi untuk memberikan info akurat secara berkala, edukasi, dan verifikasi terhadap isu atau hoaks terkait virus corona di Indonesia.

Baca juga: WHO Gabung di TikTok untuk Lawan Hoaks Virus Corona

Setelah informasi virus corona di Indonesia resmi muncul dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, kalian tidak ada salahnya mengikuti beberapa akun, seperti @KawalCOVID19, @WHO, atau @KemenkesRI. Hal ini untuk membentengi diri dari hoaks soal virus corona.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

8 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 06 March 2020 | 21:20:53

akun ini sangat bermanfaat untuk kita semua

Miskin aman 03 March 2020 | 21:13:06

di sarankan untuk memfolownya dah nih

Umam Gila 02 March 2020 | 21:33:22

Jokowi memang bijak sana sekali

Umam Gila 02 March 2020 | 20:49:41

presiden republik Indonesia sangat bijak sana

Umam Gila 02 March 2020 | 20:45:04

sangat berhaya sekali virus corona

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article