icon-category Lifestyle

Alasan Anda Sebaiknya Merapikan Meja Kerja Setiap Hari

  • 03 Dec 2018 WIB
  • Bagikan :

    Jika tak ingin disebut sebagai orang yang ceroboh, menyebalkan, dan memiliki masalah kepribadian, sebaiknya segera rapikan meja kerja Anda.

    Berdasarkan penelitian yang dikemukakan University of Michigan, karyawan yang meja kerjanya berantakan cenderung menerima prasangka buruk dari orang lain. Mereka dipandang sebagai pribadi yang egois, cuek, dan suka menggerutu.

    Padahal, faktanya tak selalu demikian. 

    Penelitian ini dilakukan terhadap 160 orang partisipan, yang diminta untuk duduk di tiga meja kerja dengan kondisi berbeda. Yang pertama adalah meja kerja yang rapi dan bersih.

    Meja kedua ditata seperti meja kerja pada umumnya, dengan beberapa barang pribadi yang diletakkan sembarangan di atasnya. Sedangkan yang terakhir sengaja dibiarkan kotor dan berantakan, dengan sampah dan berkas yang ditumpuk asal-asalan.

    Setelah mengamati meja, partisipan diminta menebak kepribadian sang pemilik meja. Indikator penilaian yang harus diisi adalah kemampuan sosial, team work, hati nurani, neurotisisme, dan rasa terbuka terhadap pengalaman baru.

    Hasilnya?

    Semakin berantakan meja kerja Anda, semakin negatif pula penilaian orang lain terhadap karakter dan kinerja Anda di perusahaan. Dan hasil penelitian ini tak hanya berpengaruh terhadap penilaian rekan kerja Anda, namun juga bos atau atasan langsung.

    Demi menjaga reputasi dan kelancaran karier Anda, jangan malas merapikan meja kerja setiap hari, ya!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini