home ×
Digilife

Alasan Kita Harus Prioritaskan Produk Dalam Negeri di Situs e-Commerce

05 May 2021 By
Alasan Kita Harus Prioritaskan Produk Dalam Negeri di Situs e-Commerce
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Kenapa kita harus membeli produk lokal ? ada banyak alasan kenapa kita harus membeli produk lokal. Apa aja alasannya ?

Beberapa tahun terakhir ini produk-produk lokal mulai bangkit berkat kolaborasi antara para pengusaha dalam negeri dengan pemerintah setempat.

Perusahaan lokal yang dimulai dari UMKM sampai dengan start up teknologi yang bergerak di berbagai bidang seperti teknologi, kuliner makanan maupun minuman dan kategori lainnya sekarang semakin bermunculan.

Nah, dibawah ini ada beberapa alasan kenapa kita harus membeli produk-produk Indonesia :

Produk Lokal Lebih Sehat

Salah satu keuntungan kita membeli produk lokal adalah kualitas produknya lebih baik untuk Kesehatan kita, khususnya produk makanan yang dijual.

Misalnya saja, kamu pergi ke pasar dan bahan kebutuhan pokok yang dijual disana biasanya merupakan hasil bumi dari para petani dari daerah itu sendiri. Jarak dari tempat menjual bahan baku tersebut lebih dekat dan menjadikan bahan baku lokal lebih segar untuk kita olah dan sajikan ke meja makan kita.

Ramah Lingkungan

Selain Kesehatan kita terjaga tentunya juga produk lokal dinilai bisa mendukung kelangsungan lingkungan. Kenapa, kok bisa ?

Karena jika kita melestarikan produk lokal, kita dapat menjaga stabilitas keanegakaragaman hayati Indonesia menjadi lebih terjaga, sehingga terhindar dari eksploitasi sumber daya alam besar-besaran oleh pohak asing.

Pendistribusian bahan baku, pengolahan lebih singkat dan tidak memakan waktu yang lama dalam perjalanan sehingga kita bisa menghemat bahan bakar dan mengurangi pencemaran udara dari kendaraan.

Perputaran Bisnis Yang Etis

Produk lokal pastinya menggunakan bahan baku dan sumber daya manusia lokal dengan begitu kita telah ikut memberdayakan komunitas lokal seperti perani, produsen, peternal dan sampai kepada mereka yang ikut mempromosikan produk loka untuk mewujudkan sebuah brand lokal.

Ketika kita menggunakan produk lokal itu artinya kita telah membantu dalam menjalankan bisnis etikal yang adil untuk semua pihak yang terlibat dalam membuka lapangan pekerjaan didalam negeri.

Lebih banyak produk lokal tentu saja adan berdampak kepada kesejahteraan dan perekonomian komunitas lokal yang akan semakin baik lagi.

Produk Lokal Bersaing Dalam Negeri

Minat positif masayarakat terhada[ produk dalam negeri akan mempengaruhi keunculan produk lokal yang lainnya lebih banyak lagi. Maka dari itu, hal ini sangat berperan sekali dalam mendukung produk lokal berdaya dan juga bersaing bisa menjadi raja di negeri sendiri.

Ketika produk lokal kuat dinegerinya sendiri, maka tidak dipungkiri dapat bersaing secara internasional dengan produk-produk luar negeri.

Beli Produk Lokal Akan Berdampak Kepada Perekonomian Negara

Ketika kita membeli produk lokal maka akan berdampak yang cukup besar kepada perekonomian negara. Di tahun 2015, subsektor untuk eknomi kreatif telah menyumbang sekitar 852 trilian rupiah atau kenaikan sebesar 7.38 persen pendapatan domestic bruto negara.

Bekraf sendiri mengatakan dalam situsnya bahwa subsektor ekonomi kreatif berupa kuliner telah menyumbang sekitar 41.69 persen PDB, disusul dengan produk lainnya seperti fashion dan kriya. Jadi membeli produk lokal akan berdampak kepada pendapatan negara juga ternyata. Maka dari itu kita harus bangga buatan Indonesia.

Menunjukan Local Pride yang Lebih Besar

Sekarang minat beli konsumen terhadap produk-produk dalam negeri menunjukan peningkatan yang positif. Kecintaan terhadap produk lokal ini mendominasi hampir di lima kota besar di Indonesia.

Tren dalam membeli produk lokal ini dipengaruhi oleh sertifikasi halal yang menjadi pertimbangan penting masyarakat Indoensia dalam membeli produk lokal seperti makanan sampai dengan kosmetik.

Era sekarang juga sudah marak fashion brand lokal, hal ini menunjukan bahwa minat dari para pelaku bisnis fashion ini telah bertumbuh. Kategori produk lokal dari fashion ini naik daun dikarenakan mudahnya pemasaran saat ini melalui berbagai macam platform digital seperti media sosial dan yang lainnya.

Nah, setelah kita tau alasannya kenapa kita harus membeli produk-produk lokal, maka dari itu yuk sekarang kita dukung produk lokal dengan cara membelinya. Karena kalo bukan kita siapa lagi ? kalo bukan sekarang terus kapan lagi ? semoga artikel mengenai 6 alasan yang membuat kita harus membeli produk lokal ini bisa bermanfaat ya !

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article