icon-category Sport

Alasan McMenemy Pilih Van Dijk, Bukan Messi dan Ronaldo

  • 03 Aug 2019 WIB
Bagikan :

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy memilih Virgil van Dijk bukan dua megabintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam daftar calon Pemain Terbaik FIFA 2019.

FIFA secara resmi mengumumkan daftar 10 nominasi pesepakbola pria terbaik 2019, Rabu (31/7). Daftar tersebut dihimpun oleh panel ahli yang ditunjuk FIFA berdasarkan pantauan selama 6 Juli 2018 hingga 19 Juli 2019.


McMenemy memilih Van Dijk sebagai kandidat terkuat, bukan Ronaldo atau Messi yang masing-masing telah mengoleksi lima penghargaan Pemain Terbaik FIFA.

"Virgil Van Dijk, semua pemain di posisi menyerang biasanya lebih mendapat pengakuan tetapi Van Dijk telah menjadi sumber kekuatan dan kemampuan untuk klub maupun negaranya," kata Simon McMenemy di situs resmi PSSI.

Lionel Messi gagal mengantar timnas Argentina ke final Copa America 2019.Lionel Messi gagal mengantar timnas Argentina ke final Copa America 2019. (REUTERS/Pilar Olivares)

"Untuk Liverpool dia menjadi perbedaan yang mengantar mereka ke tangga juara Liga Champions. Untuk Belanda, dia membawa mereka ke final Nations League," sambungnya.

Pemain berusia 28 tahun ini berperan penting dalam perjalanan Liverpool meraih juara Liga Champions musim 2018/2019, dan membawa Belanda lolos ke final UEFA Nations League.

Alasan McMenemy Pilih Van Dijk, Bukan Messi dan Ronaldo

"Bagi saya dia pemain paling komplet di posisinya di dunia sepak bola. Sementara, di posisi-posisi lain ada ruang untuk perdebatan," ujar pelatih asal Skotlandia tersebut.

Selain Virgil van Dijk, Liverpool menyumbang dua nama nominasi lain yakni Mohamed Salah, dan Sadio Mane. Dua pemain bintang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga masih tetap ada di daftar.

Selain itu, ada nama Eden Hazard (Real Madrid/Belgia), Harry Kane (Tottenham Hotspur/Inggris), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain/Prancis). Dan duo pemain timnas Belanda yakni Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt.

Metode pemilihan pemain terbaik dilakukan dalam dua cara, yaitu berdasarkan voting kapten dan pelatih timnas dari seluruh dunia serta para penggemar lewat situs remsi FIFA. Pengumuman pemenang akan dilangsungkan pada 23 September 2019 di kota Milan, Italia.

Berita Terkait

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini