home ×
Digilife

Alasan Twitter Rilis Fleets, Fitur Jiplakan Instagram Stories

20 November 2020 By
Alasan Twitter Rilis Fleets, Fitur Jiplakan Instagram Stories
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi fitur Fleets di Twitter (Foto: The Verge)

Uzone.id -- Sebagai penyedia layanan mikroblog, Twitter selama ini dianggap setia dengan konsepnya yang masih sebatas berbagi konten berupa cuitan, foto, dan video. Lalu tiba-tiba muncul Fleets, fitur yang sama seperti Instagram Stories dan Snapchat.

Meski reaksi netizen beragam terhadap kehadiran Fleets, pihak Twitter memiliki alasan sendiri untuk akhirnya merilis fitur yang pada dasarnya bukan hal baru lagi buat para pengguna media sosial.

“Tujuan Twitter adalah menyuguhkan percakapan publik, tempat di mana kalian melihat apa yang sedang terjadi dan membahasnya. Tapi beberapa di antara kalian bilang kalau ngetwit bisa tidak nyaman karena terasa sangat publik, sifatnya permanen, dan seperti ada tekanan untuk mendapatkan retweet dan likes,” tulis Design Director Twitter Joshua Harris dan Product Manager Twitter Sam Haveson di dalam blog resmi perusahaan.

Baca juga: Twitter Rilis Fleets, Ini Cara Pakainya

Mereka melanjutkan, “untuk membantu pengguna agar lebih nyaman, kami telah mengembangkan cara agar orang-orang bisa membahas banyak hal tanpa tekanan tinggi. Kami meluncurkan Fleets agar semua orang bisa bergabung ke dalam percakapan dengan cara baru!”

Dari penjelasan Joshua dan Sam, Fleets ditujukan untuk para pengguna untuk membagikan konten apapun secara sementara, karena layaknya Snapchat dan Instagram Stories, Fleets akan hilang dalam waktu 24 jam.

“Karena Fleets bisa hilang dalam 24 jam, maka pengguna bisa lebih nyaman untuk membagikan pemikiran atau opini pribadi nan kasual di fitur ini. Ini adalah temuan awal kami dari uji coba dan kami semangat untuk mempelajari bagaimana Fleets nantinya dimanfaatkan oleh kalian semua,” lanjut Joshua dan Sam.

Fitur Fleets memungkinkan pengguna berbagi konten berupa teks, foto, dan video yang bisa dikustomisasi sesuka hati dengan latar dan warna yang diinginkan.

Baca juga: Twitter Tunjuk Hacker Terbaik Dunia Jadi Kepala Keamanan Siber 

Fleets pun bisa dibilang memang menjiplak cara kerja Instagram Stories, di mana pengguna bisa melihat konten Fleet teman yang muncul di beranda, memberikan reaksi, dan membalas Fleet tersebut. Sementara kita bisa melihat siapa saja yang membuka Fleet.

Ke depannya, Twitter akan menambahkan fitur stiker dan siaran langsung (live broadcast) di dalam Fleets.

Untuk bisa menikmati Fleets, pengguna harus memastikan aplikasi mobile Twitter sudah paling terbaru. Fitur Fleets baru bisa diakses di Twitter versi aplikasi, sementara situs web belum tersedia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article