icon-category Auto

Alex Rins Resmi Bergabung Monster Energy Yamaha di MotoGP 2024

  • 03 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Tim Monster Energy Yamaha resmi mengumumkan Alex Rins sebagai pembalap baru mereka untuk musim balap MotoGP 2024 mendatang. Pembalap bernomor 42 itu menggantikan Franco Morbidelli yang hengkang, dan akan berdampingan dengan Juara Dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo.

Alex Rins memenangkan lima kali balapan saat bernaung di Suzuki Ecstar. Mundurnya Suzuki dari MotoGP 2022, membuatnya pindah ke LCR Honda di musim 2023 ini.

Selama di LCR Honda, Alex Rins menjadi satu-satunya pembuat kemenangan bagi Honda di musim 2023 ini di Circuit of The Americas (CoTA).

Namun dengan motor Honda RC213V yang masih bermasalah, Alex Rins hanya mendapat terbaik ke-9 usai CoTA.

Dilansir dari Crash, pembalap berusia 27 tahun tersebut kemudian mengalami cedera di Mugello dan baru pulih saat liburan musim panas ini. Alex Rins menyebutkan merasa frustasi mengenai lambatnya kemajuan suku cadang baru ke garasi LCR Honda sebagai tim satelit.alt-img

Alex Rins sendiri memiliki kesepakatan dengan Honda Racing Corporation (HRC) hingga tahun 2024. Namun hal ini bisa dipahami karena terdapat klausul keluar dalam kasus tawaran tim pabrikan.

Sementara itu, di Yamaha saat ini menggunakan M1 dengan konfigurasi mesin inline 4-silinder seperti Suzuki GSX-RR. Konfigurasi ini sangat berbeda dari dominasi mesin V4 di MotoGP seperti Honda, Ducati, KTM, dan Aprilia.

"Kami senang Alex bergabung dengan jajaran Yamaha, dan kami menyambutnya dengan hangat di grup Yamaha MotoGP," ujar Managing Director Yamaha, Lin Jarvis.

"Kami berharap Alex menjadi aset besar. Dia memiliki pengalaman luas sebagai pebalap MotoGP dan dikenal sebagia bakat alami dan pemenang balapan kelas MotoGP berkali-kali. Dia berpengalaman di dua pabrikan MotoGP lainnya dan mengendarai motor dengan karakteristik yang mirip YZR-M1, yang akan membantunya beradaptasi dengan cepat dengan motor kami. Kemenangannya di CoTA awal tahun ini menggarisbawahi kecepatan, rasa lapar, dan tekadnya untuk sukses," lanjut Lin Jarvis.

"Alex telah absen dari paddock MotoGP untuk sementara waktu karena cedera yang dideritanya di Mugello, tetapi kami yakni dia harus pulih sepenuhnya dan mempercepat musim 2024. Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya dan percaya bahwa dia akan berkolaborasi dengan baik dengan Fabio dan meningkatkan performa total Tim Monster Energy Yamaha MotoGp," tutupnya.

Kesepakatan Alex Rins dengan Yamaha tampaknya merupakan kesepakatan satu tahun. Dengan demikian, pebalap asal Spanyol ini akan memiliki kontrak yang setara dengan pebalap lainnya yakni sampai akhir 2024.

Jack Miller dan Maverick Vinales saat ini bersaing untuk menjadi pebalap pertama yang memenangkan balapan MotoGP dengan pengalaman di tiga pabrikan berbeda. Prestasi ini juga akan dikejar oleh Alex Rins di 2024 mendatang.

Meski demikian, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, terutama Yamaha saat ini menjadi satu-satunya pabrikan di belakang Honda di klasemen konstruktor. Sementara Quartararo dan Morbidelli duduk di posisi kesembilan dan kesebelas di klasemen.

Kemenangan terakhir Yamaha diraih oleh Fabio Quartararo di MotoGP Jerman 2022, kesuksesan itu sudah terjadi lebih dari satu tahun.

Sebagai tambahan informasi, baru-baru ini Franco Morbidelli dikabarkan akan menyelesaikan kontraknya dengan Yamaha di 2023 ini. Kabarnya pembalap bernomor 21 itu akan menjalani kerjasama dengan Ducati untuk musim balap 2024 mendatang.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini