home ×
Digilife

Alibaba Cloud Bakal Bangun Data Center Ketiga di Indonesia

08 July 2020 By
Alibaba Cloud Bakal Bangun Data Center Ketiga di Indonesia
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Alibaba Cloud mengklaim bahwa pelanggannya terus mengalami peningkatan di Indonesia. Untuk itu, mereka merasa perlu untuk menambah data centernya di tanah air dalam waktu dekat.

Dikatakan pihak Alibaba Cloud, saat ini banyak dari calon pelanggannya mulai meningkatkan adopsi cloud dan dengan cepat mengembangkan strategi transformasi digital mereka. Penambahan data center di Indonesia pun dijadwalkan akan dilakukan pada awal 2021 nanti.

"Ekspansi ini dilakukan setelah Alibaba Cloud Indonesia membangun data center pertamanya di tahun 2018, dan data center kedua di tahun 2019. Setelah data center ketiga didirikan, Alibaba Cloud akan memiliki 64 zona ketersediaan di 21 wilayah di seluruh dunia," ujar Leon Chen, Country Manager Alibaba Cloud Indonesia, dalam keterangannya, Rabu, 8 Juli 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Chen juga mengungkapkan jika Alibaba Cloud berencana membangun pusat scrubbing data pertama di Indonesia, guna membantu pelanggan Indonesia, terutama pelanggan di sektor keuangan dan game, terlindungi dari serangan siber.

Tiga data center Alibaba Cloud ini berarti adanya kemudahan akses dan memperkuat kemampuan pemulihan bencana, yang memungkinkan pelanggan untuk mendistribusikan beban kerja yang sangat penting ke berbagai zona yang tersedia. Hal ini sangat penting karena semakin banyak bisnis, termasuk perusahaan tradisional seperti bank, yang memindahkan infrastruktur TI mereka ke cloud setelah masa pandemi.

Sementara itu, pembukaan pusat scrubbing data pertama di Indonesia, yang diperkirakan akan selesai pada awal 2021, akan membantu mendeteksi, menganalisis, dan menghapus volume traffic yang besar dan berbahaya tingkat Tbps untuk mempertahankan serangan DDoS (Distributed Denial of Service), terutama untuk bisnis yang bergerak di sektor keuangan dan game yang biasanya menjadi target serangan cyber.

Sebelumnya, pada pembukaan acara Alibaba Cloud Summit 2020 hari ini menyebutkan bahwa hingga saat ini pihaknya telah mendukung sebanyak 38 persen perusahaan dari Fortune 500 selama tahun fiskal terakhir. Ini artinya, dua dari lima perusahaan dalam daftar Fortune 500 diklaim telah menjadi pelanggan Alibaba Cloud.

Selain memperluas jangkauan layanan dan membangun lebih banyak Data Center generasi mendatang di seluruh dunia, Alibaba Cloud juga berkomitmen untuk mempekerjakan 5.000 talenta secara global di berbagai bidang mulai dari jaringan, databaseserver, dan chip hingga kecerdasan buatan.

Hingga saat ini, Alibaba Cloud beroperasi di 63 zona ketersediaan di 21 wilayah di seluruh dunia, mendukung kebutuhan bisnis di lebih dari 200 negara dan wilayah. Sebagai tahap awal dari rencana investasi yang diumumkan baru-baru ini, Alibaba Cloud akan membuka Data Center ketiga dan data-scrubbing pertama di Indonesia di awal tahun depan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 08 July 2020 | 19:49:39

keren bakalan banyak yang bangun data

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id