Digilife

Alibaba Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Identifikasi Virus Corona

  • 03 March 2020
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

    Uzone.id - Alibaba telah mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dapat mengidentifikasi virus corona. Mengutip Tech Spot, Nikkei Asian Review melaporkan bahwa algoritma diagnosis dikembangkan oleh lembaga penelitian Alibaba Damo Academy, yang didirikan pada 2017.

    Kecerdasan buatan ini telah diterapkan pada lebih dari 5.000 kasus virus corona. teknologi ini juga dilaporkan dapat mengidentifikasi perbedaan CT scan antara pasien yang terinfeksi Covid-19 dengan pasien yang mengalami pneumonia dengan akurasi 96 persen.

    Baca juga: Xiaomi, Apple, Realme, dan Lainnya Kekurangan Pasokan Unit karena Virus Corona

    Kecerdasan buatan ini disebut-sebut bisa sangat membantu, karena kecepatan dalam diagnosis. Kecerdasan buatan dapat menyelesaikan proses identifikasi dalam 20 detik, sementara seorang dokter biasanya akan memakan waktu antara 5-20 menit untuk menganalisis CT scan.

    Pembuat algoritma mengatakan kecerdasan buatan ini juga termasuk pedoman pengobatan terbaru dan penelitian yang baru-baru ini diterbitkan.

    Baca juga: Beijing Luncurkan Sistem QR Code untuk Lacak Virus Corona

    Alibaba mengatakan lebih dari 100 rumah sakit di provinsi Hubei, Guangdong, dan Anhui telah mengadopsi sistem kecerdasan buatan ini.

    Kecerdasan buatan yang dikembangkan Alibaba ini mampu meredam tekanan di rumah sakit di China yang kewalahan dengan banyaknya pasien. Sistem ini juga memungkinkan staf rumah sakit untuk menghabiskan lebih banyak waktu merawat pasien yang terinfeksi virus corona.