icon-category Auto

All New Yamaha R15 Connected dan R15M Connected-ABS Resmi Meluncur

  • 01 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    All New Yamaha R15M Connected-ABS (Foto: YIMM)

    Uzone.id  - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan motor sport R series, yakni All New R15 Connected dan All New R15M Connected-ABS pada Rabu (1/12/2021) melalui virtual.

    Radityo Andi Dharma, Manager Branding & Promotion Department, menjelaskan bahwa R-DNA Racing adalah elemen kunci Yamaha Motor Company sejak berdiri.

    "Sejarah Yamaha dalam dunia racing diawali produk motor pertama, YA-1, yaitu membuktikan kualitas dan performa dengan mengikuti ajang balap The 3rd Mount Fuji Ascent Race di 1955. Pada saat itu yamaha tidak hanya menjadi juara tapi mendominasi ajang tersebut," kata Radityo.

    BACA JUGA: Yamaha XMax Baru Kabarnya Meluncur di 2022, Desain Bakal Mirip TMax?

    Dia menambahkan, All New R15 Connected merupakan perwujudan Yamaha Racing DNA dalam The True Super Sport Machine 155cc yang dikembangkan dengan konsep Jin Ki Kanno, yang merupakan konsep pengembangan produk yang eksklusif dan unik yang diwariskan Yamaha dari generasi ke generasi.

    "Makna Jin Ki Kanno adalah kegembiraan luar biasa yang dirasakan pengendara ketika menjadi satu dengan motornya. Konsep inilah yang dikembangkan oleh para desainer dan engineer Yamaha dalam mengembangkan All New R15 Connected," tutur dia.

    All New Yamaha R15 Connected (Foto: YIMM)

     

    Melalui teknologi Y-Connected, sepeda motor bisa terhubung dengan smartphone milik pengendara untuk memantau sepeda motor secara real time.

    All New R15 Connected punya R-DNA Design, di mana motor ini perwujudan desain terbaru R series yang mewarisi karakter YZM-M1, R1 dan R7 untuk menciptakan tampilan super sport sejati yang aerodinamis dengan aura big bike.

    "Dari tampak depan terdapat M-Shaped Intake Duct yang dilengkapi LED Projector Headlight serta Twin Eyes LED Position Light yang menyatu dengan cowling sebagai wajah terbaru R series," kata dia.

    Fokus Yamaha pada R15 terbaru ini menciptakan motor lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya. Oleh sebab itu, Yamaha melakukan pengujian CDA analysis berulang kali untuk menyempurnakan sisi aerodinamisnya.

    "Hasilnya, Coefficient of aerodynamic Drag (CaD) dari 0,307 menjadi 0,293 yang memberikan keuntungan untuk mencapai top speed lebih cepat," terang Radityo.

    Mesin

    Mesin 155 Variable Valve Actuation (VVA) bisa menyemburkan tenaga 14,2 KW @10.000 rpm dan torsi 14,7 nm per 8.500 rpm serta berpendingin cairan untuk menjaga performa mesin tetap stabil.

    Fitur VVA bisa mendapatkan performa yang baik di setiap putaran mesin. Adanya Assist & Slipper Clutch, tuas kopling semakin ringan dan mencegah slip pada roda belakang saat melakukan engine brake saat menurunkan gigi secara cepat

    BACA JUGA: Fans Suzuki Saluto 125 Pasti Girang, Sudah Unjuk Gigi di Thailand

    Sistem Kontrol

    All New Yamaha R15 Connected mendapat Upside Down Suspension, Delta Box frame, serta Alumunium Rear Arm untuk memberikan kontrol dan handling yang baik dalam performa berkendara.

    Fitur Y-Connected menghubungkan motor dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connected yang membantu pengendara untuk mendapat informasi telepon masuk, SMS masuk, status baterai smartphone, status koneksi, memantau aki dan oli mesin, mengetahui lokasi parkir terakhir, mengecek kondisi bahan bakar, dan mengetahui rangking saat ini soal jarak tempuh dan eco-riding

    All New R15 Connected terdapat dua pilihan warna: Icon Blue yang mewakili identitas dan semangat yamaha racing dan Tech Black untuk mewakili tampilan sporty dan gagah.

    All New Yamaha R15M Connected-ABS

    All New Yamaha R15M Connected-ABS (Foto: YIMM)

    All New R15M Connected-ABS memiliki semua fitur R15 Connected namun ada tambahan fitur. 

    Pada area kokpit All New R15M Connected-ABS, menampilkan aura Big Bike look melalui konsep Smart Cocpit Design di mana Full Digital Speedometernya terinspirasi R1 dan terdapat dua pilihan, yakni Street Mode dan Track Mode.

    Selanjutnya, pada Triple Clamp didesain secara khusus dari YZR M1 untuk memberikan keseimbangan pada kekakuan dan kekuatan secara optimal.

    Tampilan jok khusus dengan karbon motif, 3D emblem logo di bagian tangki serta blue fork caps dengan logo R15M

    Firut R15M mengadopsi big bike R1. Kemudian ada fitur quick shifter untuk menaikkan gigi tanpa menekan tuas kopling sehingga makin responsif.

    Ada pula fitur dual channel ABS untuk pengereman yang optimal dan Traction Control System untuk mencegah ban motor belakang kehilangan traksi atau selip saat akselerasi di permukaan licin atau basah

    All New R15 M Connected-ABS juga ditanamkan Big Bike Engine Switch Off untuk pengoperasian lebih efisien.

    Harga

    • All New R15 Connected dijual Rp38.900.000 (OTR Jakarta)
    • All New R15M Connected-ABS dijual Rp43.500.000 (OTR Jakarta)
    • All New R15M Connected-ABS WGP 60th dijual Rp44.100.000 (OTR Jakarta)
    Tags : yamaha yamaha r15 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini