icon-category Auto

Almaz Hybrid Melempem, Kalah Laris dari Innova Zenix

  • 18 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id

Uzone.id - Penghujung tahun 2022 lalu, dua pabrikan berbeda meluncurkan jenis mobil yang sama, yakni hybrid. Wuling dengan sodoran Almaz Hybrid dan Toyota dengan Innova Zenix.

Meluncur dalam waktu yang hampir bersamaan, kemudian rentang harga jual yang juga mirip-mirip, membuat kedua mobil beda jenis ini bersaing sengit untuk menarik minat warga Indonesia terhadap mobil-mobil dengan gimmick ramah lingkungan.

Dari sisi harga, Almaz Hybrid berselisih tipis dengan Innova Zenix Hybrid tipe terendah. Almaz Hybrid dibanderol Rp472 juta. Sementara Innova Zenix Hybrid termurah harganya Rp458 juta sampai yang termahal Rp 611 juta.

Lalu mana diantara keduanya yag lebih diminati warga Indonesia? Siapa jadi yang paling banyak dibeli?

Ternyata Wuling masih harus menerima keperkasaan Toyota di pasar otomotif Indonesia. Pun begiut dengan pendatang baru Almaz yang harus mengakui dominasi Toyota Kijang di pasar mobil Tanah Air.

Dengan sodoran harga dan fitur apapun, belum mampu membuat Wuling Almaz Hybrid melebihi catatan penjualan Toyota Kijang Innova Zenix.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) perbedaan penjualan kedua mobil tersebut di tahun 2022 bagaikan bumi dan langit, jauh banget!

BACA JUGA: Yamaha Luncurkan Grand Filano, Suzuki Avenis Menangis

Dalam periode dua bulan terakhir tahun 2022, Toyota berhasil menjual Innova Zenix sebanyak 2.519 unit. Sementara Wuling Almaz Hybrid pada periode yang sama, hanya terjual sebanyak 337 unit saja.

Kedua mobil ini sama-sama bisa menampung tujuh penumpang di dalam kabinnya. Selain itu, pada atapnya juga sama-sama punya panoramic sunroof.

Menariknya, Toyota Kijang Innova Zenix ada yang menyediakan opsi captain seat dengan ottoman pada tipe tertinggi, sementara Almaz Hybrid hanya kursi berjenis biasa.

Tapi setiap kursi juga sudah mendapatkan head rest untuk kenyamanan yang lebih baik. Termasuk bagian tengah yang bisa dialihfungsikan menjadi armrest, bahkan ditemukan pada bangku baris ketiga.

Perbedaan lainnya terdapat pada tipe head unit yang ditawarkan. Almaz Hybrid mengandalkan tipe portrait yang kekinian, layaknya model Tesla. Dibandingkan dengan head unit berukuran 10 inci yang ditemukan pada Innova Zenix edisi tertinggi.

Urusan head unit juga cukup seru. Konektifitas smartphone sudah menjadi standar. Toyota bahkan menambahkan fitur T-Intouch yang bisa mengintegrasikan mobil dengan pengemudi.

Namun, Almaz juga gak kalah dengan fitur perintah suara bahasa Indonesia-nya dan fitur Internet of Vehicle yang sudah menjadi ciri dari pabrikan China ini.

Toyota juga punya fitur perintah suara, malah ini yang pertama ada di Indonesia, yakni perintah suara untuk membuka tutup pintu bagasi. Sedangkan Almaz, hanya berupa power back door electric.

BACA JUGA: Perdana di Dunia, Inilah Dia Toyota Kijang Innova Zenix

Dan urusan layar, Toyota masih menambahkan dua layar intertaintment di belakang, sepasang untuk penumpang baris kedua di kiri dan kanan.

Kemudian, kedua mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif. Wuling punya Advanced Driver Assist (ADAS), sementara Innova Zenix HEV menggunakan generasi terbaru sistem Toyota Safety Sense 3.0.

Sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 2.0 liter, mesin naturally aspirated dengan Atkinson cycle milik Almaz Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimal 176 PS dengan torsi puncak 320 Nm. Disandingkan dengan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Sementara mesin M20A-FXS yang digunakan pada Innova Zenix HEV menghadirkan tenaga gabungan mencapai 186 PS dan torsi 187 Nm dan tambahan dari motor listrik sebesar 206 Nm, berpadu dengan transmisi e-CVT.

Toyota mengungkapkan bahwa model hybrid dengan penggunaan mesin generasi terbaru mampu mengurangi konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid sebesar 50 persen. Sementara konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid terpantau bisa mendapatkan 19 km/liter dengan mudah.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini