home ×
Digilife

Amazon, CNN, Instagram, Twitter Sempat Down, Ini Biang Keroknya

09 June 2021 By
Amazon, CNN, Instagram, Twitter Sempat Down, Ini Biang Keroknya
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Claudio Schwarz / Unsplash)

Uzone.id - Pemadaman internet di seluruh dunia membuat beberapa situs web populer pun lumpuh, termasuk Amazon, Google, Reddit, CNN, hingga USA Today.

DownDetector, sebuah situs yang melacak situs web bermasalah, melaporkan bahwa banyak situs webtermasuk Zoom, YouTube, Instagram, Twitter, Hulu, Spotify, Etsy dan Paypay, mulai mengalami masalah tepat setelah pukul 5:30 pagi EDT pada Selasa (8/6/2021) atau pukul 16:30 WIB.

Situ web padam dilaporkan terkait dengan Fastly, platform cloud yang mendukung situs web seperti The New York Times dan Shopify.

Pengunjung yang mencoba mengakses CNN.com mendapat pesan yang mengatakan: "Fastly error: unknown domain: cnn.com" Upaya untuk mengakses situs web The Financial Times munul pesan serupa.

Ketika berkunjung ke The New York Times dan situs gov.us Inggris menampilkan pesan "Error 503 Service Unavailable", dan "Varnish cache server".

BACA JUGA: Jadwal Lengkap Kominfo Matikan Siaran TV Analog

Pembaruan status yang diposting oleh Fastly mengakui bahwa layanan tersebut sedang menyelidiki "potensi dampak terhadap kinerja" dengan layanan jaringan pengiriman konten.

"Masalah telah diidentifikasi dan perbaikan telah diterapkan," Fastly memperbarui keterangannya yang diposting pada 6:57 pagi EDT.

Sebagian besar situs web yang terkena dampak pemadaman tampaknya kembali aktif.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim lewat surel ke USA Today, Fastly mengutip konfigurasi layanan yang sejak itu telah dinonaktifkan sebagai alasan pemadaman.

Fastly menggambarkan dirinya sebagai "platform cloud tepi" yang membantu situs web dengan layanan seperti pengiriman konten dan keamanan situs web.

Di antara situs utama yang terdaftar sebagai mitra, di antaranya Wayfair, Wired, Yelp, Shazam, Ticketmaster, dan perusahaan induk USA Today, Gannett. (USA Today)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id