Review Super Mario Run: Ego Nintendo Halangi Kesempurnaan

pada 7 tahun lalu - by

Desember 2016 merupakan momen yang bersejarah bagi Nintendo dangamer mobile. Pada penghujung tahun ini, Mario memulai debutnya di platformmobilelewatSuper Mario Run, dengan iOS menjadi tujuan pertamanya.

Sebelum merilisSuper Mario Run, Nintendo sempat menghadirkan gabungangamedan media sosial,Miitomo

Nintendo langsung tancap gas denganSuper Mario Run. Mereka bekerja sama dengan Apple secara langsung saat mempromosikangameini, menyiapkan iklan khusus yang ditayangkan di seluruh dunia, serta menugaskan Shigeru Miyamoto untuk tampil di berbagai kesempatan guna berbicara tentangSuper Mario Run. Denganhypeyang dibangun sedemikian tinggi,Super Mario Runtidaklah mengecewakan para penggemar yang telah menantikannya.

Terasa segar

Sebagai bagian dari serigame platformer Super Marioyang melegenda,Super Mario Runtidak banyak memiliki perbedaan dari segi cerita. Kamu masih berperan sebagai Mario, si tukang leding dari Mushroom Kingdom, yang bertualang demi menyelamatkan Princess Peach dari tangan Bowser.

Walau kisah dan intigameplaydariSuper Mario Runterasa mirip dengan iterasiSuper Mariolainnya, namun Nintendo benar-benar serius merombak mekanisme dalamgameagar cocok dimainkan di perangkatmobile. Perombakan yang menggabungkan genreplatformerdanrunnerdalamSuper Mario Runtetap terasa familier dengan seriSuper Marioyang selama ini dikenal para penggemarnya.

Simpel dan kompleks sekaligus

Kamu hanya perlu melakukantappada layar perangkat agar Mario melompat. Si tukang leding akan berlari secara otomatis ke arah kanan hingga batas waktu habis atau kamu berhasil mencapai area finis di setiap level.

Kesederhanaan skema kontrol ini terasa sangat pas dengan platformmobileyang mengandalkaninputdari layar sentuh. Nintendo bahkan mempromosikanSuper Mario Runsebagaigameyang hanya membutuhkan satu tangan untuk dimainkan sepenuhnya, dan klaim yang mereka sebutkan itu benar adanya.

Menariknya, jenis gerakan yang bisa dilakukan Mario dariinputtunggal tersebut sangat bervariasi sesuai dengan kondisi yang kamu jalani. Mario dapat berguling di tanah, melakukan lompatan salto, bergelantungan di langit-langit, hingga berputar di udara. Tiap gerakan memiliki karakteristik unik yang perlu kamu pahami dan kuasai untuk memperoleh hasil maksimal di setiap level.

Mario juga memiliki gerakan baru yang belum pernah muncul di seriSuper Mariosebelumnya, yaitu berguling di atas sejumlah tipe musuh. Gerakan ini pada awalnya mungkin akan cukup membingungkan para pemain lamaSuper Mario. Namun begitu sudah menguasai mekanismenya, gerakan ini justru membuatSuper Mario Runterasa segar dan seru.

Lebih kasual

Walaugameplaydalam semua seriSuper Mariosepintas terlihat sebagaiplatformerbiasa, namun tingkat kesulitan yang dihadirkan oleh Nintendo tak bisa dianggap remeh. Tak jarang para pemainnya frustrasi akibat berhadapan dengan desain level atau jenis musuh yang membutuhkan kecekatan serta kesabaran tinggi.

Hal serupa juga terdapat diSuper Mario Run, namun dalam kadar yang lebih toleran. Kamu masih diberi sejumlah kesempatan untuk meneruskan permainan apabila terjatuh ke jurang atau bertumbukan dengan musuh sehingga tak perlu langsung mengulang level dari awal.

Penyesuaian tingkat kesulitan ini memudahkan paragamerkasual yang tidak memiliki pengalaman bermain seriSuper Mariosebelumnya. Para pemain veteran pun tetap mendapatkan tantangan yang cukup sulit saat mengejar poin maksimal.

Replay valuetinggi

Modesingle playerdalamSuper Mario Runsebenarnya memiliki durasi jauh lebih singkat dibanding iterasiSuper Mariolainnya. Mode bertajuk World Tour tersebut hanya terdiri dari 24 level yang bisa kamu tamatkan dalam waktu kurang lebih dua jam.

Tantangan sebenarnya dari modesingle playerbukanlah mencapai garis finis secepat-cepatnya, namun mengumpulkan koin berwarna merah muda yang tersebar di setiap level. Nintendo menempatkan lima koin merah muda di titik-titik yang menantang pada sepanjang level, sehingga terlambat atau terlalu cepat melompat kadang membuatmu harus mengulang level dari awal demi mendapatkan semuanya.

Bila kamu sukses mengambil semua koin merah muda di tiap level, kamu berkesempatan untuk kembali mengulang level tersebut demi mengumpulkan koin berwarna ungu dan hitam. Kedua warna koin baru itu ditempatkan pada titik-titik yang makin sulit, sehingga cocok bagi kamu yang haus akan tantangan.

Desaingameplayini berpotensi membuat durasisingle playermakin panjang hingga tiga kali lipat. Dengan mengumpulkan seluruh koin khusus tersebut, kamu juga bisa mengoleksi tiket khusus untuk dipakai mengakses mode Toad Rally dalamgame.

Berkompetisi melawan bayangan

Tak hanya modesingle player,Super Mario Runjuga dilengkapi dengan modemultiplayerbernama Toad Rally. Kamu bisa bersaing dengan catatan prestasi milik pemain lain dari seluruh dunia dalam kompetisi mengoleksi koin sebanyak-banyaknya.

Sang lawan direpresentasikan dengan bayangan yang melaju bersama kamu di setiap sesi permainan. Walau kompetisi tidak berlangsung secarareal time, namun kehadiran bayangan lawan bisa turut mengobarkan jiwa kompetitif saat kamu sedang bermain.

Pemenang dari kompetisi diganjar dengan koin dan sekelompok Toad yang akan tinggal dalam kerajaanmu. Makin ramai para Toad serta koin yang kamu miliki, makin banyak pula objek sertarewardyang dapat kamu akses untuk melakukan kustomisasi kerajaan dalam mode Kingdom Builder.

Walau sebagian besarrewardyang tersedia hanya bersifat kosmetik, namun beberapa dapat memberikanmu akses kepadamini gameserta karakter tambahan. Terdapat lima karakter lain yang bisa kamu mainkan selain Mario, antara lain Luigi, Yoshi, Princess Peach, Toad, hingga Toadette.

Rewardtak hanya bisa diperoleh dari mode Toad Rally saja. Dengan menghubungkan akunMy Nintendomilikmu serta menambahkan daftar teman dalamgame, kamu juga dapat mengakses beragamrewardlewat penukaran poin Nintendo yang kamu koleksi selama ini.

Tercederai oleh ego Nintendo sendiri

Nintendo selama ini dikenal sebagai perusahaan yang cukup kaku serta memiliki pendirian yang teguh dalam berbisnis. Hal ini tercermin dalam keputusan untuk tetap memberlakukanregion lock, atau penetapan peraturan bagi hasil bagi para pembuat konten video di YouTube yang menayangkangamemereka. Ego yang tinggi ini juga membuat desaingame Super Mario Runtak dapat mencapai potensi maksimalnya.

Walau mode Toad Rally sebenarnya bisa memperpanjang masa retensi pemainSuper Mario Run, namun Nintendo membatasi sesi permainan ini lewat sistem tiket yang dibutuhkan untuk mengakses mode tersebut. Bila kehabisan tiket, maka pilihan termudah yang bisa kamu ambil adalah menunggu sekian jam hingga memperoleh kesempatan untuk mengumpulkannya lagi.

Batasan lain yang diterapkan Nintendo adalah keharusan untuk selalu terkoneksi internet. Mereka berargumen bahwa koneksi internet diperlukan demi mencegah praktik pembajakan dan menjaga pengalaman bermainSuper Mario Runagar senantiasa lancar. Walau alasan ini cukup masuk akal, namun tetap saja mengesalkan bila tak bisa bermainSuper Mario Runsaat sedang bepergian di tempat dengan jaringan internet buruk.

Presentasi setara Wii U

Bila dibanding denganconsoleWii U yang diproduksi Nintendo, platformmobilejelas memiliki spesifikasihardwareyang kalah mumpuni. Meskipun demikian, kualitas presentasiSuper Mario Runtetap dapat disejajarkan denganSuper Mario Bros. Udi Wii U.

Kamu bisa melihat model tiap karakter dalamgamedengan cukup detail serta penggambaran latar yang begitu berwarna. Animasi dari Mario dan kawan-kawan serta desain tampilan antarmuka dalamgamejuga tampak sangat terpoles, sesuai dengan nama besar Nintendo yang dikenal begitu ahli mengembangkangameberkualitas.

Bicara soal audio, kamu akan dihibur dengan celotehan khas Mario yang jenaka, serta efek suara dan musik latar yang terdengar pas dengan segala situasi dalamgame. Para penggemar Mario yang sempat saya tanyakan pendapatnya pun merasa puas dengan keseluruhan tampilanSuper Mario Run.

Kesimpulan: Penantian yang cukup sepadan

Penantian para fan Mario di platform iOS sejak Apple App Store dibuka tahun 2008 lalu memang tidak sebentar. Tak mengapa, sebab Nintendo menebusnya denganSuper Mario Runyang memiliki kualitas prima.

Banderol IAP sebesar Rp149.000 memang relatif lebih mahal dibanding kebanyakangame mobilelainnya. Tapi sifat dari IAP yang hanya sekali bayar untuk mendapatkan keseluruhan kontengameterasa cukup sepadan dengan pengalaman yang dapat diakses para pemain.

Kebutuhan akan koneksi internet secara konstan membuat saya tak bisa memberi nilai sempurna untukSuper Mario Run. Tapi setidaknya keharusan senantiasaonlineini memudahkan Nintendo saat menggulirkan pembaruan konten.

Super Mario Runadalahgameyang cocok untuk dimainkan oleh paragameryang belum akrab dengan si tukang leding ini serta para penggemar berat yang setia mengikuti sepak terjangnya. SemogaSuper Mario Runbisa menjadi titik balik Nintendo untuk menghasilkanlebih banyakgame mobileberkualitas ke depannya.

Game Info
 
Super Mario Run
Nintendo Co., Ltd. -  Nov 11, 2016
Genre:  Games, Action, Arcade
Size:  195.34 MB
Installs:  N/A
Gratis
Download
 

(Diedit olehMohammad Fahmi)

The postReview Super Mario Run– Lagi-Lagi Ego Nintendo Menghalangi Kesempurnaanappeared first onTech in Asia Indonesia.