'Bapak' Pac-Man Tutup Usia

pada 8 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Buat gamers sejati tentu mengenal permainan satu ini, Pac-Man. Salah satu ikon video game, Masaya Nakamura, telah tutup usia.

Pendiri Namco yang sebelumnya bernama Nakamura Manufacturing, tutup usia beberapa waktu lalu, Minggu (22/1/2017) yang baru diumumkan berita dukanya di hari ini.

Nakamura mendapat julukan 'Bapak' Pac-Man mencintai hiburan dalam segala bentuk. Pada 1955, jauh sebelum hadirnya video game, perusahaannya menempatkan dua mekanik naik kuda kayu di dalam sebuah department store untuk tunggangi anak-anak.

Satu dekade kemudian, dia mendapatkan kontrak lain dengan Mitsukoshi, sebuah department store terkemuka, untuk menginstal mobil untuk dikendarai di atas trek. Wahana yang cukup populer dan prekursor untuk arcade game yang membawa Nakamura ketenaran dan meraih kekayaan.

Pada 1970-an, Namco mulai mengembangkan video game. Seorang pengembang 25 tahun dengan nama Toru Iwatani datang dengan ide game Pac-Man di akhir 70-an, dan pada tahun 1980 permainan itu sukses di seluruh dunia.
Meskipun Namco tidak pernah merilis game lain melampaui popularitas Pac-Man, perusahaan memiliki pangsa hits seperti Dig Dug, Pole Position, Soulcalibur, Tekken, dan lain-lain.

Nakamura sangat berdedikasi dalam pekerjaannya. Rumor beredar, ia menghabiskan sampai 23 jam sehari bermain video game sebelum dirilis.

Dia bersama perusahaan sampai dengan 2002, kemudian ia informal pensiun. Rincian kematiannya sedang dirahasiakan dari publik sebagai keinginan terakhir Nakamura. [Neowin]

 

Berita Terkait: