Rekor Baru 'The Lion King', Rajai Takhta Film Animasi Terlaris Sepanjang Masa

pada 5 tahun lalu - by

(Foto: The Lion King/IMDB.com)

Uzone.id-The Lion King2019 mungkin tak seperti film animasi pada umumnya, tetapi kini ia justru mendapat titel sebagai film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

Yaps, meski sebenarnyaThe Lion Kingini merupakanremake live-actionproduksi Disney, tetapi film ini sepenuhnya menggunakan animasi komputer dengan teknologi foto realistis dari film animasi klasik yang diproduksi 1994 silam.

Jadi, tetap saja film ini masuk ke dalam kategori animasi dan bahkan menduduki peringkat satu dalam serialremakeyang digarap Disney.

The Lion King/IMDB.com

Baca Juga: Rahasia Scar di Film The Lion King (2019) yang kamu Harus Tahu

Selain itu, pekan ini jugaThe Lion Kingresmi melewati pendapatan yang sudah dicapai olehIncredibles 2danFrozen, yang menjadi film animasi berpendapatan tertinggi sepanjang masa.

Perolehannya per 11 Agustus 2019,The Lion Kingmeraih US$1,334 miliar, sementaraFrozenhanya US$1,276 miliar, seperti dikutip dariCinemablend.com.

Hasil ini sangat luar biasa mengingat ulasan tentangremake live-action The Lion Kingtak terlalu baik di mata pengkritik film.

Sementara itu, menyusul peringkat di bawahFrozenadalahIncredibles 2dengan pendapatan US$1,242 miliar danMinionsUS$1,15 miliar, kemudianToy Story 3,Despicable Me 3,Finding Dory danZootopia.

Baca Juga: Fakta Menarik The Lion King (2019), Cek Sebelum Kamu Tonton

Itu semua merupakan pendapatan kotor di seluruh dunia, belum disesuaikan dengan inflasi. Jika menarik pendapatan hanya dari box office AS dan Kanada,Incredibles 2masih menduduki peringkat pertama dengan pendapatan US$608,5 juta, disusulFinding Dorydengan US$486,2 juta, baruThe Lion Kingyang saat ini mencapai US$473,1 juta.

The Lion King/IMDB.com

Jadi, pencapaian luar biasa yang diraihThe Lion Kingjustru lebih besar di luar negaranya sendiri dengan total pendapatan US$861,5 juta. China saja yang menjadi pasar kedua terbesar usai box office dalam negeri memiliki pendapatan US$118 juta untukThe Lion King, disusul Brasil dan Prancis US$50 juta dan Inggris US$60 juta.

Sebenarnya hal ini mirip sekali dengan apa yang dialamiFrozen. Namun bedanya,Frozenmendapat pendapatan terbesar bukan dari China, melainkan Jepang yaitu US$249 juta.

Menurut IMDB, Jepang baru menayangkanThe Lion Kingpada Agustus ini. Sangat menarik melihat bagaimana negara ini akan memberi andil pada film tersebut, mengingatAladdinsaja meraih pendapatan total US$105 juta dari Jepang, membuat Disney mencapai pendapatan total genap US$1 miliar dari filmremake satu ini.

Kesimpulannya, pendapatan dariThe Lion Kingmasih akan terus berlanjut dan ini menjadi standar baru bagi perfilman animasi untuk box office.