Telkomsel Perkuat Kerja Sama dengan Shopee dan Garena
Dari kiri ke kanan: Handhika Jahja, Director of Shopee Indonesia, Rachel Goh, Director of Marketing Telkomsel, Hans Kurniadi Saleh, Director of Garena Indonesia. (Foto: Birgitta Ajeng/Uzone.id)
Uzone.id- Sea Limited, perusahaan berbasis teknologi, memperkuat kerja sama dengan Telkomsel. Telkomsel bakal berkolaborasi dengan dua anak usaha Sea Limited, yaitu perusahaanmobile gamingGarena dan platforme-commerceShopee.
“Kita sudah kolaborasi cukup lama sama Telkomsel, ini kita coba mempererat lagi hubungannya, bukan saja di Shopee, tetapi juga Garena. Karena sekarang kanmobile gamingberkembang pesat, apalagi selama setahun terakhir,” ujar Pandu Sjahrir, President Commissioner Sea Indonesia, setelah penandatangananMemorandum of Understanding (MoU)antara Sea Limited dan Telkomsel di Jakarta, Selasa (8/10).
Lebih lanjut, Pandu mengatakan bahwa bentuk kolaborasi bisa bermacam-macam.
“Baik dari sisi payment, data, dan bagaimana mempromosikan mobile gaming secara industri garis besar,” ujarnya.
Baca juga: GakBerfaedah, Fitur Pemicu Stalking ini Disingkirkan Instagram
Pada kesempatan yang sama, Handhika Jahja, Director of Shopee Indonesia menambahkan bahwa kerja sama bisa berupa pengguna Shopee bisa mengakses Shopee lebih mudah.
“Apa itufree, atau apa, itu yang sedang didiskusikan lebih detailnya. Jadi secara garis besarnya bagaimana kita mengakses game, Shopee, dan pembayaran lebih mudah,” ujar Handhika.
Intinya, pengguna Telkomsel, Shopee, dan gamer bisa mengakses layanan-layanan ini lebih gampang.
“Kalau Shopee mungkin datanya lebih murah, atau event gratis, atau mungkin juga pengguna Telkomsel mendapat promo diskon Shopee, itu yang garis besarnya, tapi detailnya lagi kita pertajam,” kata Andhika.
Baca juga: Aplikasi Pesaing TikTok ini Bakal Diakuisisi Google
Sementara itu, Rachel Goh, Director of Marketing Telkomsel mengatakan bahwa, “Belakangan ini Telkomsel serius mengembangkan segmengame, Jadi, katakanlah Dunia Games, kami memiliki lebih dari 19,5 juta gamer aktif."
Lebih lanjut, Rachel mengatakan, "Jadi itu adalah kerja sama yang sangat wajar antara Garena, yang merupakan platformgameterkemuka di dunia, dan Telkomsel. Karena kami ingin menghadirkan lebih banyakgamedangameyang lebih baik untuk lebih banyak orang di Telkomsel.”
Rachel juga mengatakan bahwa ada lebih dari 17-18 juta pengguna Telkomsel mengonsumsi video.
“Sekarang, di luar dua ini, segmen terbesar berikutnya yang kami lihat adalah segmene-commercedan itulah sebabnya kemitraan dengan Shopee sangat penting,” ujar Rachel.
Jadi melalui kerja sama ini, Rachel mengatakan bahwa bukan hanya soal memasok barang dan jasa, tetapi juga supaya konsumen menikmatigame, video, dan belanja online dengan lebih baik.