E-Rinjani, Tiket Pemesanan Online Mendaki Rinjani

pada 6 tahun lalu - by

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) melakukan terobosan sistem pemesanan tiket pendakian melalui e-Rinjani yang akan diberlakukan pada musim pendakian 2018.

Kepala TNGR Agus Budi Santosa mengatakan, sosialisasi e-Rinjani sudah dilakukan bersama sejumlah pemangku kebijakan saat rapat koordinasi penutupan jalur pendakian di Senaru dan Sembalun pada 28 dan 29 Desember lalu. Pada kesempatan itu, hadir dari para pelaku usaha jasa wisata, aparat desa, dinas pariwisata, polisi, koramil, dan masyarakat umum.

"Para pelaku usaha jasa wisata menyambut baik sistemticketingpendakian secaraonlinedengan semangatno cashdan zamannowdi mana semuaticketingdapat dikerjakan lewat tangan," ujar Agus di Mataram, NTB, Sabtu (30/12).

Agus menilai, melalui e-Rinjani perjalanan pendakian akan lebih tertata dan database pendakian dapat secara langsung termonitor.

Agus menjelaskan, fitur e-Rinjani mengikuti e-commerce pada umumnya dan berupae-ticketdengan pembayaran menggunakan metode transfer,e-money, mesin EDC, maupun loket PPOB yang merupakan kerja sama pihak ketiga dengan desa di pintu pendakian.E-moneyyang akan diberlakukan merupakan konversi ID card berisi data pelaku usaha, baik trekorganizer, guide, dan porter yang digabungkan dengan rekeningvirtual.

"Rencana penerapan e-Rinjani di musim pendakian 2018 akan ditunggu pelaku jasa wisata karena adanya transparansi dana tiket dan manajemen pengunjung yang lebih baik dengan adanya fiturrescheduledan sistem kuota," kata Agus menjelaskan.