DasarAI, Bikin Repot Editor Wikipedia!

pada 4 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Kehadiran kecerdasan buatan (AI) yang semakin canggih, harusnya membantu berbagai aktivitas masyarakat secara luas. Tapi, hal ini sama sekali tidak berlaku bagi Wikipedia. Kok bisa?

Jadi, maraknya penggunaan AI dalam menghasilkan konten maupun tulisan secara instan membuka pintu penyebaran informasi palsu dan tidak akurat diWikipedia

Alhasil, para editor Wikipedia dihadapkan pada tantangan berat dalam memverifikasi kebenaran informasi oleh AI yang terus bermunculan. Dalam kata lain, konten atau tulisan yang dihasilkan memunculkan masalah hak cipta yang kompleks.

 

 

Dilansir dariTechcrunch, Wikipedia belum lama ini membuat proyek WikiProject AI Cleanup untuk mengatasi permasalahan kompleks yang kini dihadapi. Proyek tersebut merupakan kelompok yang bertugas untuk mendeteksi konten, artikel atau tulisan palsu yang dihasilkan oleh AI.

Salah satu editor di ensiklopediacrowdsourced, Ilyas Lebleu yang juga terlibat dalam pendirian proyek WikiProject AI Cleanup mengungkapkan, awal mula timnya menyadari fenomena ini saat melihat kalimat dengan penulisan yang tak natural. Temuan itu kemudian dikonfirmasi dengan membuat ulang kalimat tersebut dengan ChatGPT.

“Beberapa dari kami menyadari prevalensi dari penulisan yang tak natural yang menunjukkan tanda-tanda kalau itu dibuat menggunakan AI, dan kami berhasil mereplikasi gaya serupa menggunakan ChatGPT,” ungkap Lebleu dalam pernyataannya.

“Dengan menemukan beberapa frase yang lazim dibuat AI membuat kami bisa dengan cepat menemukan beberapa contoh mengerikan yang ternyata dibuat, yang kemudian langsung kami formalkan dalam sebuah proyek terorganisasi untuk mengumpulkan teknik dan temuan kami,” tambahnya.

 

 

Tentunya, kemunculan AI telah membawa perubahan besar dalam berbagai bidang, termasuk dunia informasi. Wikipedia, sebagai salah satu sumber informasi yang digandrungi masyarakat digital saat ini juga tidak luput terkena dampaknya. 

Dengan ini, Wikipedia dituntut untuk terus menjaga integritas dan kredibilitasnya sebagai salah satu platform penyebar informasi yang dipercayai masyarakat. Wikipedia perlu untuk terus beradaptasi dan mengembangkan strategi baru dalam menghadapi fenomena AI di masa mendatang.