Masa Depan ala Elon Musk: ‘Bikin’ Manusia Super dengan Neuralink

pada 24 hari lalu - by

Uzone.id— Proyek ‘gila’ milik Elon Musk, Neuralink sedikit demi sedikit menunjukkan  keberhasilannya. Setelah berhasil menanam chip ke otak pasien yang memiliki kelumpuhan, Neuralink kini semakin berani mengumbar ambisi besar mereka.

17 Juli 2024 lalu, Elon Musk mengungkapkan bahwa Neuralink menargetkan untuk memasang chip di 1000 orang manusia. Saat ini, sudah ada 2 orang yang berhasil ditanam chip dan memberikan kemajuan yang diklaim positif, salah satunya bisa menggerakkan mouse dengan arahan dari otak.

Melihat kesuksesan ini, Elon Musk percaya bahwa nantinya Neuralink akan menjadi jembatan untuk kemampuan super pada manusia.

Melansir dari Business Today, Rabu, (07/08), dalam Lex Fridman Podcast, Elon Musk memaparkan mengenai potensi Neuralink untuk meningkatkan komunikasi antara manusia dan komputer, yang pada akhirnya memungkinkan terciptanya ‘Manusia Super’.

 

 

“Mari kita hadirkan kekuatan super,” kata Elon Musk.

Elon Musk meramal posisi Neuralink di masa depan, bahwa nantinya perusahaan ini tak hanya mengatasi gangguan neurologis namun juga mendorong kemampuan manusia melewati batas kemampuannya saat ini.

“Dengan kisaran hanya 10 sampai 15 persen penghantar listrik yang bekerja dengan Nolan (pasien Neuralink) saat ini, kami berhasil mencapai bit per detik dua kali lipat dari rekor dunia saat ini,” kata Musk. 

Ia pun dengan percaya diri menambahkan, “Jadi saya rasa kami bisa jauh melampaui rekor dunia dalam beberapa tahun ke depan."

Dengan meningkatnya jumlah hantaran listrik atau elektroda, dipadukan dengan proses sinyal yang disempurnakan, kombinasi ini akan memungkinkan Neuralink mencapai komunikasi yang jauh melampaui kemampuan berbicara hingga mengetik.

“Lebih cepat daripada yang bisa dilakukan manusia dengan mengetik atau berbicara," katanya.

 

 

Elon Musk juga meramalkan kalau teknologi Neuralink bisa menghadirkan teknologi agar bisa bertelepati dengan sesama manusia, mereka bisa mengunduh dan mengunggah memori atau ingatan tertentu, bahkan memperluas indera mereka di atas batas manusia normal.

Tahu karakter Geordi La Forge dari Star Trek? Dia merupakan karakter yang mengalami kebutaan namun tetap bisa melihat menggunakan sebuah pelindung/kacamata canggih. Begitulah kira-kira bayangan Elon Musk dengan teknologinya di masa depan.

“Kalian tahu, hal-hal ini bisa kalian lakukan, seperti kalian ingin melihat ultraviolet, inframerah, penglihatan elang, apa pun yang kalian inginkan,” tambah Elon Musk.

Kemampuan Neuralink yang saat ini hanya memperbaiki saraf manusia hanya sebuah langkah kecil, dan nantinya bisa berkembang untuk melakukan hal yang lebih kompleks seperti berkomunikasi dengan sistem AI.

Terlepas dari itu, Neuralink masih menimbulkan pro dan kontra di berbagai pihak, salah satunya karena Neuralink menggunakan hewan monyet sebagai objek penelitian.