Rating Aplikasi di Play Store Bakal Berbeda di Tiap Negara dan Perangkat

25 August 2021 - by

Ilustrasi Google Play Store (Foto: NextPit)

Uzone.id - Google mengumumkan perubahan cara menghitung dan menampilkan peringkat aplikasi di Play Store agar lebih berguna dan relevan bagi pengguna serta pengembang.

Toko aplikasi Android itu akan mengganti bentuk tingkatan peringkatan suatu aplikasi merata di seluruh negara menjadi membaginya tergantung pada negaranya.

Advertising
Advertising

Baca juga: Google Rayu Pengguna iOS Pindah ke Android

Sehingga bisa saja aplikasi ‘A’ tingkat ratingnya di Indonesia akan berbeda dengan negara lain.

Seperti dikutip Uzone.id dari The Verge, Rabu (25/8), ada beberapa alasan yang jelas mengapa perubahan ini mungkin berguna.

Salah satunya, tidak setiap aplikasi menawarkan fitur atau fungsi yang sama di mana pun karena hukum nasional, dan satu hukum universal — fragmentasi Android .

Google berencana meluncurkan peringkat khusus negara November ini dan membentuk peringkat khusus perangkat seperti tablet, perangkat lipat, Chrome OS, Wear OS, atau Android Auto pada tahun 2022.

Baca juga: Semua akan 5G di iPhone Pada Waktunya

Sebagai bagian dari pengumuman Google, perusahaan juga menampilkan lebih banyak data dan metrik Play Store bagi pengembang untuk dituangkan di Konsol Google Play, termasuk data jenis perangkat yang memecah peringkat berdasarkan perangkat apa yang menggunakan aplikasi.