Tips Menjaga Kulit Selama Bulan Puasa

pada 7 tahun lalu - by

Kurang jam tidur dan kekurangan nutrisi tertentu dalam tubuh membuat kulit kamu menjadi kusam, terlebih saat menjalankan ibadah puasa.

Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Dilansir dari Khaleej Times, Dr Ganesh Bingewar, spesialis Dermatology dari Burjeel Medical Center, Al Bahia memiliki beberapa tips untuk perawatan kulit dalam waktu singkat.

Mau coba? Apa yang Harus Dipersiapkan? Tahun ini bulan Ramadhan jatuh pada musim panas sehingga kita perlu mempersiapkan tubuh kita serta kulit kita untuk itu. Akibat cuaca panas dan lembab dan kekurangan cairan dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kekeringan.

Jadi lindungi kulit dan tubuh kamu dengan menggunakan pelembab setiap hari. Hindari sinar matahari karena sinar UV yang berbahaya bagi kulit yang dapat menyebabkan kulitmu menjadi kecokelatan dan terbakar sinar matahari.Kamu bisa menggunakan sunblock dengan SPF 50 setidaknya 15 menit sebelum berpergian.

Penggunaan payung atau topi juga akan membantu untuk melindungi kulit kamu sepanjang Ramadhan.Apa yang Harus Dibersihkan Secara Rutin?Karena kulit kita selalu terkena debu, polusi dan suhu ekstrim, perlu menggunakan pembersih kulit yang ringan secara rutin.

Pembersih harus bebas dari aroma berat, dan pewarna buatan.Jangan lupa juga untuk merawat area di sekitar mata untuk mencegah pembentukan lingkaran hitam dengan menggunakan pelembab. Gunakan kantong teh dingin dua kali seminggu dan serum vitamin C pada malam hari.

Apakah ada Produk Make-up yang Harus Dihindari Selama Ramadhan?

Make up berat dengan basis minyak harus dihindari karena dapat menyebabkan jerawat. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan make-up foundation berbasis air yang ringan.

Bagaimana Agar Tetap Segar Selama?

Minum banyak air dan jus segar. Kulit dan tubuh mungkin tidak menerima hidrasi normal dan nutrisi saat puasa dan mereka perlu bantuan ekstra untuk tetap terhidrasi dan kencang.Kamu perlu minum air sebanyak mungkin selama Ramadan untuk menghindari dehidrasi pada kulit. Hindari minum minuman berkarbonasi atau gula seperti soda, serta kafein yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Apakah Ada Makanan Tertentu yang Merusak atau Menyebabkan Kulit Berjerawat Selama Bulan Ramadhan?Hindari makanan berminyak dan makanan cepat saji, termasuk yang mengandung  gula berlebih dan karbohidrat olahan.

Makanan semacam itu buruk bagi kulit yang dapat menyebabkan noda kulit, jerawat dan membuatnya tampak kusam.

Untuk mencapai kulit mulus dan berseri-seri, makan banyak buah-buahan segar, sayuran dan ikan karena mereka kaya akan vitamin dan mineral.

Makan dan berolahraga cukup akan membuat dampak besar pada kulit selama berpuasa.Jenis Produk Seperti Apa, Frekuensi dan Prosedur Menggunakan Pelembab?

Kulit kita akan dehidrasi karena berpuasa, dengan kelembaban yang tinggi di lingkungan dan terkena AC dapat menyebabkan kulit dan bibir kering.

Untuk menghindari hal ini, kamu harus menggunakan pelembab secara teratur pada tubuh setidaknya sekali setelah mandi karena kulit menyerap lebih baik pada waktu itu. Kamu juga bisa menggunakan pelembab bibir tiga sampai empat kali setiap hari.

Gunakan pembersih yang sangat ringan atau minyak zaitun untuk menghapus make-up dan benar-benar menghindari menggunakan tisu atau produk keras untuk menghapus make-up.