Tokopedia Ajak Wanita Ambil Peran di Teknologi Lewat START Woman In Tech

pada 1 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id— Perempuan memberikan peran yang cukup krusial di berbagai industri, tak sedikit perempuan saat ini menjadi pemimpin di perusahaan-perusahaan besar, salah satunya di perusahaan teknologi.

Sayangnya, KPPPA RI mengatakan kalau saat ini, peran perempuan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) masih kurang, begitupun dengan partisipasi perempuan dalam dunia kerja di bidang teknologi.

Namun, secara keseluruhan, proporsi perempuan yang menduduki posisi manajerial di Indonesia terus memberikan tren positif, dimana data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 melaporkan kalau proporsi perempuan yang menduduki posisi manajerial mencapai angka 32,26 persen.

Mendorong perempuan agar semakin berani untuk terjun ke dunia teknologi, Tokopedia Academy pun kembali menggelar acara tahunan START Women in Tech 2023.

 

 

“Konferensi teknologi tahunan dari Tokopedia ini hadir untuk perempuan pegiat teknologi,” kata Tokopedia Academy Lead, Rossy Triana Iskandar.

START Women in Tech 2023 kali ini memiliki tema ‘A Way Forward and Beyond for Women in Technology’.

Konferensi ini menghadirkan sejumlah pembicara perempuan ahli teknologi yang akan membahas tentang peran perempuan di industri teknologi.

Tahun ini, START Women in Tech 2023 akan diselenggarakan secara hybrid, yaitu bisa disaksikan secara offline dan secara online lewat melalui kanal streaming videoTokopedia Play,Official YouTube TokopediaatauInside Tokopedia, serta websiteTokopedia Academypada Sabtu, 17 Juni 2023 pukul 09.00-16.30 WIB.

Bagi kalian yang ingin mengikuti rangkaian acara START Women in Tech 2023 ini, bisa langsung daftar diri tanpa dipungut biaya apapun alias gratis melalui website resmi Tokopedia Academy atau bisa langsung kliklink yang satu ini.

Apa saja sih yang didapat lewat acara ini? 

Peserta START Women in Tech 2023 akan mendapatkan sederet manfaat, sepertiKeynote Sessionsdimana para pemimpin perempuan di bidang teknologi akan membagikan pengalaman mereka dalam mendorong inovasi di bidang masing-masing.

Selanjutnya, adaInspiring Talk Showuntuk berbincang dengan pemimpin perempuan dan membahas pemberdayaan perempuan di industri teknologi.

Kemudian, adaBreakout Roomsuntuk mendapatkan wawasan langsung dari para pemimpin perempuan tentang teknologi, data dan product management.

Dalam acara ini, akan hadir CEO Generation Educators (GenEd), Anggaris Anggia Cininta, yang akan menjadi salah satu pembicara di START Women in Tech 2023. 

 

 

Anggaris akan membagikan pengalaman sebagai pegiat industri teknologi yang memulai dan mengembangkan perusahaan edtech guna memberdayakan dan meningkatkan peran guru dalam melahirkan generasi murid yang kritis, kreatif dan inovatif.

Anggaris menyatakan dukungannya terhadap START Women in Tech 2023 ini, “Tidak bisa dipungkiri zaman akan terus berkembang dan peran teknologi sangat krusial di berbagai perubahan, termasuk di pendidikan.”

“Karenanya, lewat program seperti START Women in Tech, para pegiat teknologi terutama perempuan bisa saling menginspirasi dan berdiskusi langsung untuk berbagi pengalaman di industri ini.”

Sebagai informasi, START Woman in Tech ini merupakan salah satu dari 16 program Tokopedia Academy yang merupakan sebuah ekosistem dari Tokopedia yang bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang punya ketertarikan akan teknologi untuk belajar berbagai kurikulum, dilatih oleh berbagai pakar, sampai bertukar wawasan dengan sesama pegiat teknologi lewat sejumlah komunitas yang tersedia.

Rossy menambahkan kalau Tokopedia Academy ini menjadi upaya Tokopedia untuk meningkatkan jumlah, kapasitas, dan kapabilitas talenta digital Indonesia. Tak sampai disitu, program akademi ini juga dihadirkan untuk mencapai pemerataan pengetahuan lewat teknologi. 

“Kami ingin menghadirkan kesempatan belajar yang tidak terbatas untuk talenta digital masa depan agar nantinya dapat berkontribusi pada perekonomian nasional melalui teknologi,” jelas Rossy.

Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia sudah menjadi rumah bagi ribuan Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), yang mana jumlah perempuan dan laki-laki Nakama saat ini berimbang.

Berbagai inovasi teknologi dari Tokopedia yang dihasilkan oleh kolaborasi bersama para mitra strategis termasuk Nakama pun telah membantu masyarakat luas.

Berkat berbagai inovasi serta kolaborasi, Tokopedia mencatat berbagai tren menarik selama kuartal kedua 2023 dibandingkan kuartal I 2023. 

Kategori Kecantikan, Fesyen, Handphone dan Gadget menjadi produk yang paling diburu oleh masyarakat melalui Tokopedia selama kuartal kedua ini.

Di kecantikan, ada lip palette, setting spray dan face mist tercatat sebagai sejumlah produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat. 

Selain itu, pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, dress, kaftan dan manset anak menjadi beberapa produk yang paling laris, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat.

Smartphone, smartband dan baterai tablet tercatat mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat di Tokopedia.

Ada pun kota-kota yang mengalami peningkatan tertinggi jumlah transaksi di kuartal kedua ini antara lain Pelalawan (Riau), Kerinci (Jambi) dan Bangka Barat (Bangka Belitung), dimana rata-rata peningkatan transaksi mencapai 10 kali lipat.

Rossy menambahkan kalau sampai saat ini, Tokopedia sudah terdiri dari lebih dari 14 juta penjual, dimana hampir 100 persennya merupakan UMKM lokal. 

“Jutaan penjual ini telah memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia,” ujarnya.