YouTuber Menjerit, YouTube Gak Kasih Duit Lagi untuk Konten Anak-anak
Nicole Annabelle (Foto: Instagram @nicole_annbell)
Uzone.id- Willy Tjen menjadi manajer untuk keponakannya, Nicole Annabelle (10) yang profesinya sebagai YouTuber cilik. Willy juga turut mengantarkan Nicole untuk menghadiri peluncuran imoo Watch Phone Z6 di Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (17/11/2019).
Nicole memang salah satuinfluenceryang ikut mengkampanyekan kehadiran produk terbaru dari imoo tersebut. Jelang acara dimulai, Uzone.id berkesempatan berbincang dengan mereka berdua saat duduk di sofa yang berada di lobi ballroom.
Setelah masuk ke pembicaraan karier sebagai YouTuber, Willy tiba-tiba mengeluhkan aturan baru YouTube yang isinya YouTuber tak bisa dapat duit lagi dari konten anak-anak.
“Itu kemarin dapat email dari YouTube. Jadi nanti kita sekarang anak-anak itu, kita mau tayang channel anak-anak tetap bisa, tapi tidak ada iklan, kalau gak ada iklan gak ada duit,” tutur Willy.
Baca juga: Apa Bedanya imoo Watch Phone Z6 dengan Samsung Galaxy Watch dan Apple Watch?
Surat dari YouTube soal pengumuman itu sampai di email milik Willy sekitar dua minggu yang lalu. Menurut Willy, konten yang bertema anak-anak seperti unboxing mainan seperti squisy, drama atau kartun sudah tak bisa lagi dapat iklan.
Uzone.idmelihat akun YouTube milik Nicole saat berita ini dibuat sudah meraup 713.000 subscriber. Gara-gara peraturan baru YouTube, cuma ada 20 video dari 300 video yang memenuhi syarat.
“Jadi yang punya kita yang selamat cuma 20 video doang. Dari 300 sekian cuma 20 video yang bisa diiklankan, yang lain mengandung anak-anak gitu kan,” kata Willy.
Namun, bisa saja mengubahnya ke konten untuk usia 13 tahun. Tapi, Willy tak melakukannya karena jika ketahuan YouTube bakal dihapus.
“Anak-anak (masih) bisa tapi tidak ada iklannya. Kalau gak ada iklan gak ada duit kita,” sesal Willy.
Baca juga: Viral Surat Nikah (Sertifikat Layak Kawin) Akan Berlaku 2020
Nicole kini bikin konten untuk usia 13 tahun ke atas. Padahal, kata Willy, saat bikin konten unboxing squisy dengan mudah meraup jutaan views. Kalau sekarang sudah gak bisa dimonitisasi.
Menurut Willy, YouTuber Ria Ricis kena imbas cukup signifikan saat YouTube membuat aturan baru. Ria di awal karier sebagai YouTuber memang banyak membuat konten unboxing squisy.
“Ricis juga kena banyak katanya, yang squisy itu. itu udah gak ada iklannya, udah nutup semua,” ucap dia.
Nicole menjajaki karier YouTuber cilik sudah lebih dari 1 tahun. Penghasilannya rata-rata mencapai Rp 34 juta.
“Itu naik turun. rata-rata segitu, pernah dapat 10 juta juga pas lagi turun-turunnya, pas subcriber 400 ribuan,” kata Willy.
Setelah YouTube mengeluarkan aturan baru, Willy memperkirakan penghasilan Nicole nantinya merosot jadi sekitar Rp 20 jutaan.
Willy lalu menceritakan para YouTuber yang tergabung dalam grup WhatsApp banyak yang menjerit adanya aturan baru dari YouTube. Banyak penghasilan YouTuber cilik jadi menurun drastis karena video bertema anak sudah ditolak monetisasinya.
VIDEO Review Asus Zenfone 6