10 Cara Tingkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Konsentrasi bekerja merupakan kemampuan seseorang untuk memfokuskan atensi pada satu pikiran atau subyek, tanpa melibatkan hal-hal lain dalam kesadarannya. Kemampuan konsentrasi yang baik dalam bekerja ini dapat mempengaruhi pada produktivitas dan efisiensi kerja kita.

“Itu merupakan sebuah pengalihan bersifat negatif, yang akan mengurangi atau menghilangkan perhatian Anda dari apa yang seharusnya menjadi fokus Anda," terangChalifatunisa, Senior HR dari EXPERD Consultant.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan agar tetap fokus bekerja.

 

#1. Saparan bergizi.

Melewatkan sarapan pagi dalam keadaan perut kosong hanya dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi saat bekerja. Mulailah hari-hari Anda dengan memiliki sarapan makanan-makanan bergizi.

Menurut Dr. Glenn Wilson, psikolog dan profesor di Gresham College, London, saat Anda melewatkan sarapan pagi, kemungkinan Anda mengalami tekanan saat bekerja akan meningkat. Apa yang baik bagi perut Anda, baik juga bagi otak Anda.

Kombinasikan sarapan Anda dengan protein dan karbohidrat untuk menstabilkan gula darah dan meningkatkan konsentrasi.
 

#2. Menjaga rutinitas.

Patuh pada jadwal yang telah dibuat dapat melatih konsentrasi Anda dalam bekerja, namun ini tidak disarankan untuk orang penderita ADHD (Attention-deficit hiperactivity disorder).

“Konsentrasi seseorang akan terlatih dan lebih fokus pada satu pekerjaan saat mereka menetapkan sebuah penjadwalan untuk menyelesaikandeadlinedan penetapan target serta membagi-bagi cara mencapainya,” ujar Chalifatunisa.

 

#3. Buat prioritas pekerjaan.

Banyaknya pekerjaan yang harus Anda selesaikan di kantor bisa menjadi sebuah pengalihan, dan biasanya membuat pekerjaan Anda jadi tertunda.

“Solusinya adalah Anda perlu mesortir prioritas kepentingan. Dengan menentukan prioritas, tingkat stres dapat berkurang karena Anda bisa menyelesaikan tugas yang tuntutannya lebih urgent terlebih dahulu dibandingkan yang masih dibutuhkan 'nanti',” tambahnya.

 

#4. Daftar urutan pekerjaan.

Menggunakanday-planneratauto-do listdi awal hari atau minggu dapat membantu seseorang untuk lebih fokus dan termotivasi untuk melanjutkan pekerjaannya.

Catatan-catatan kecil ini bermaksud untuk mengingatkan Anda terhadap ide-ide penting maupun pekerjaan tertentu yang harus dikerjakan sehingga seseorang dapat fokus pada isi dari reminder dan mampu meminimalisir distraksi.

 

#5. Naikkan motivasi kerja.

Seringkali seseorang kehilangan fokus karena ia tidak bisa melihat apa maksud dari pekerjaan tersebut dan korelasinya dengan tujuan dan cita-cita yang ia miliki.

“Menaruh foto atau benda yang mengingatkan Anda pada sebuah tujuan dapat meningkatkan konsentrasi. Anda dapat meletakkan foto keluarga, rumah impian, atau apapun benda yang berkolerasi dengan impian Anda. Dengan melihatnya, Anda akan jadi lebih bersemangat,” jelas Chalifatunisa.

 

#6. Luangkan waktu beristirahat.

Istirahat menjadi faktor yang dapat memengaruhi tingkat konsentrasi Anda karena pikiran Anda membutuhkan ketenangan untuk dapat berkonsentrasi dengan baik. Istirahat yang dimaksud adalah tidur dan istirahat singkat.

Usahakan untuk mempunyai waktu tidur 7 – 8 jam. Untuk istirahat di sela-sela pekerjaan, Anda bisa mengambil 5 - 10 menit pada setiap tugas yang sudah Anda lakukan.

 

#7. Rencana menyenangkan.

Untuk menyegarkan pikiran dan menambah konsentrasi, Anda dapat merencanakan sebuah rencana-rencana apa saja yang akan Anda lakukan di luar pekerjaan Anda. Misalnya, Anda merencanakan kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan di akhir pekan bersama keluarga maupun rekan.

 

#8. Sempatkan olahraga.

Berolahraga baik di pagi, siang atau sore hari dapat membantu meningkatkan fokus Anda. Latihan aerobik dapat menaikkan hormoncatecholamines– hormon yang membantu badan apabila ada di bawah tekanan.

 

#9. Makan secukupnya.

Siang hari merupakan waktu biasanya Anda dilanda dengan kebosanan dan rasa kantuk, khususnya setelah jam makan siang. Mengapa? Ini diakibatkan oleh kondisi perut Anda yang kenyang akibat banyaknya asupan makanan. Makanlah secukupnya, jangan terlalu banyak, karena justru akan membuat Anda mengantuk.

 

#10. Mendengarkan musik.

Mendengarkan musik menggunakanearphonemungkin menjadi referensi yang baik untuk menjaga konsentrasi Anda saat bekerja. Selain dapat meningkatkan mood, juga dapat membebaskan pikiran Anda agar otak terasa lebih tenang dan terhindar dari suara gangguan luar.

“Terkadang, musik yang bising dapat menghindarkan Anda terganggu oleh suara-suara dari luar, namun musik-musik klasik dapat membuat pikiran Anda lebih tenang,” ujar Dorinda Lambert, Ph.D, konsultan di Kansas State University.