10 Fakta tentang Maya Angelou, Wajah Google Doodle Hari ini

pada 6 tahun lalu - by

Uzone.id- Kalau kamu buka laman Google hari ini, Rabu (4/4), pasti akan disambut oleh gambar seorang wanita bernama Maya Angelou. Doodle Google kali ini mau memperingati hari kelahiran Angelou yang ke-90 tahun.

Namanya begitu dikenal, khususnya di kalangan literasi dan gerakan sosial. Angelou yang lahir di St. Louis, Missouri pada 4 April 1928 adalah seorang penyair, penulis memoar, penyanyi, dan aktivis hak sipil Amerika Serikat.

Selama ia hidup, ia menerbitkan tiga buku esai, tujuh autobiografi, serta sejumlah buku puisi. Salah satu karyanya yang terkenal adalah ‘I Know Why the Caged Bird Sings’, buku puisi pertamanya yang dirilis pada 1969.

Dunia begitu kehilangan saat ia tutup usia di Winston-Salem, Carolina Utara pada 28 Mei 2014 lalu karena sakit pernapasan.

Selama 86 tahun hidup dan berkarya, ada banyak hal menarik dan inspiratif dari seorang Maya Angelou. Berikut 10 fakta menarik di antaranya.

1. Angelou lahir dengan nama Marguerite Johnson. Kakak laki-lakinya, Bailey Jr. sengaja memanggilnya dengan sebutan “Maya” yang memiliki arti “adik perempuanku".

2. Angelou mendapat beasiswa belajar menari dan drama di San Francisco’s Labor School. Sayangnya saat ia berusia 16 tahun, iadrop outuntuk menjadi perempuan pertama keturunan Amerika-Afrika sebagai konduktor kereta tram di San Francisco.

3. Angelou tidak begitu terbuka tentang kehidupan rumah tangganya. Yang jelas ia melahirkan anak pertamanya -- dan anak satu-satunya -- saat ia 16 tahun. Anaknya itu diberi nama Guy Johnson.

4. Ia pernah pindah ke Kairo, Mesir dan bekerja sebagai editor untuk The Arab Observer. Menghabiskan satu tahun di Kairo, ia pindah ke Ghana dan mengajar di School of Music and Drama di University of Ghana.

5. Angelou pernah membantu Dr. Martin Luther King Jr. di gerakan Hak Sipil AS sebagai Northern Coordinator untuk Southern Christian Leadership Conference.

6.Angelou dapat berbicara enam bahasa, yaitu Inggris, Prancis, Spanyol, Italia, Arab, dan bahasa Afrika Barat,Fante.

7. Pada 1993, Angelou membacakan puisinya berjudul ‘On the Pulse of the Morning’ saat upacara inagurasi mantan presiden Bill Clinton. Penampilannya itu berhasil memenangkan kategori Best Spoken Word or Non-Musical Album di Grammy Awards di tahun yang sama.

8. Angelou menyutradarai film pertamanya berjudul ‘Down in the Delta’ pada 1998.

9. Ia diberi penghargaan Presidential Medal of Freedom oleh Barack Obama pada 2011.

10. Angelou gak pernah melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, namun ia menerima lebih dari 50 gelar kehormatan, termasuk dari institusi akademik.