10 Film Hollywood Terinspirasi Atau Meniru Anime Jepang

pada 8 tahun lalu - by
| June 28, 2016 04:55 am

Ide cerita sebuah film bisa dibagi menjadi dua, yaitu ide orisinal dan ide adaptasi atau terinspirasi cerita lain. Kedua teknik ini sah-sah saja dalam dunia perfilman. Tetapi, meskipun begitu masih ada saja cerita film yang menjadi kontroversi. Beberapa film tersebut berada di zona abu-abu karena termasuk cerita orisinal, tapi dianggap mirip dengan cerita lain yang sudah ada sebelumnya.

Membahas mengenai cerita film yang kontroversial karena alasan di atas, mengutip dariMental Floss,Muvilaakan membahas film-film Hollywood yang berada di zona abu-abu antara terinspirasi atau meniru anime Jepang

Kemiripan cerita dengan anime asal Jepang membuat film-film hollywood ini menuai kontroversi.



1. The Lion King

The Lion Kingmerupakan film petualangan animasi yang menceritakan sosok anak singa mencari jati dirinya. Film ini diproduksi Disney dan dirilis pada tahun 1994. Ditangani lebih dari dua puluh penulis skenario, film ini dinilai mirip dengan serial animasi Jepang berjudulKimba the White Lion.Meskipun terbilang lawas, film ini masih menuai kontroversi.

Pasalnya, karakter yang menonjol serta alur ceritanya sangat mirip dengan anime karya Osamu Tezuka. Kemiripan yang paling kentara adalah karakter Simba (The Lion King) dan Kimba (Kimba the White Lion). Bahkan, Matthew Broderick yang berperan sebagai Simba dalam filmThe Lion Kingberpikir dirinya tengah menggarap film untuk serialKimba.



2. The Matrix

Film Warner Bros berjudulThe Matrixmemang cukup legendaris. Dirilis pada tahun 1999, mengisahkan tentanghackerkomputer, film ini dituding mirip dengan serial manga Jepang,Ghost in the Shell. Namun, dalang di balikThe Matrixtidak berdiam diri.

Joel Silver, sang produser, jujur mengatakan bahwa ia dan timnya ingin mengadaptasi manga tersebut menjadilive action.Sebaliknya, Mamoru Oshii, sutradaraGhost in the Shell(1995) menyatakan ia mendukung keberadaan filmlive actiontersebut. Disutradarai oleh Lana-Lilly Wachowski,The Matrixjuga telah mengeluarkan sekuelnya, yaitu The Matrix Reloaded(2003) danThe Matrix Revolutions(2003).



3. Van Helsing

Van Helsingsudah dirilis pada tahun 2004 oleh Universal Pictures. Film ini menceritakan seorang pemburu monster dikirim ke suatu daerah bernama Transylvania untuk menghentikan Count Vladislaus Dracula yang sedang melakukan tindak kejahatan.

Tak seperti film-film sebelumnya,Van Helsinghanya memiliki satu kemiripan dengan serial novel Jepang yang dijuduliVampire HunterD.Di mana kostum sang tokoh utama, Abraham Van Helsing (Hugh Jackman) sama dengan salah satu karakter di novel karya Hideyuki Kikuchi, yakni mengenakan pakaian hitam panjang lengkap dengan topi ala koboi.



4. Avatar

Avatarmerupakan film live action-CGI yang ditayangkan pada tahun 2009. Film garapan James Cameron ini mungkin tak berniat untuk menduplikat anime Jepang besutan Studio Ghibli berjudulPrincess Mononoke,namun terdapat beberapa kesamaan di antara keduanya.

Jika dalamAvatarterdapat Jake Sully yang dikirim ke negeri bernama Pandora, dalam animasiPrincess Mononokejuga terdapat penyelundup manusia yang masuk dalam masyarakat hutan belantara. Sama-sama menjalankan misi, dalam kedua film, sosok manusia malah berbalik arah membela makhluk asing yang mereka teliti.

Selain itu, Jake Sully yang jatuh cinta pada makhluk berwarna biru, Neytiri, juga terdapat dalamPrincess Mononoke.Pahlawan wanita seperti Neytiri pun tak hanya dapat dilihat dalamAvatar,kepribadian itu juga ditemukan dalam anime garapan Hayao Miyazaki.



5. Inception

Dibintangi Leonardo DiCaprio,Inceptiondirilis tahun 2010 oleh Warner Bros. Film bergenre sci-fi ini mengisahkan seorang pencuri yang telah mengambil rahasia perusahaan lewat teknologi berbagi mimpi. Ia ditugaskan untuk menanamkan sebuah ide dalam pikiran seorang CEO. Konsep cerita tersebut sangat mirip dengan anime Jepang berjudulPaprika(2006).

Namun, sebelum dituding mencuri cerita, Christoper Nolan, sang sutradaraInceptionmenjelaskan bahwa ia memang terinspirasi dari perangkat elektronik yang memampukan seseorang untuk mempengaruhi mimpi orang lain. Sayangnya, beredar kabar bahwa produser Wolfgang Petersen (Poseidon) sebelumnya sudah pernah bekerja sama dengan tim produksiPaprikauntuk menggarap versilive action.Tetapi tetap saja, filmInceptiontelah terlebih dulu tayang sebelum rencana Wolfgang tereksekusi.



6. Black Swan

Di tahun 2010, filmBlack Swangarapan Darren Aronofsky dirilis. Film drama thriller ini menggandeng sederetan artis sekelas Natalie Portman dan Mila Kunis. Berkisah tentang sosok penari yang berjuang mempertahankan kewarasan dengan memenangkan pemeran utama "Swan Lake" produksi Tchaikovsky.

Konsep cerita tersebut nyaris sama dengan film animasiPerfect Bluekarya Satoshi Kon. Hanya saja, dalamPerfect Bluetokoh utamanya merupakan anggotaidol groupyang banting setir ke dunia akting. Ditambah lagi, sebelumnya Darren digadang-gadang juga membawa beberapa adeganPerfect Bluedalam film dramanya berjudulRequiem for a Dream(2000).



7. Scott Pilgrim Vs The World

Film komediScott Pilgrim Vs The Worldsudah dirilis sejak tahun 2010. Siapa menyangka ada unsur dari anime terkenalNarutodalam film garapan Edgar Wright ini?

Ya, film yang didistribusikan Universal Pictures ini mengambil khas seni bela diri dari serial manga karya Masashi Kishimoto itu, seperti dilansir dariMental Floss.Bryan Lee O'Malley, sang kartunis untuk film ini juga tampak terinspirasi darivideo gamelawas, yakniStreet FighterdanMario Brossebelum menutupnya dengan konsep pedang digital milikNaruto.



8. Looper

Film action dramaLoopertelah dirilis tahun 2012 oleh DMG Entertainment. Mengisahkan tentang perjalanan waktu,Looperterindikasi sama dengan konsep cerita dalam filmAkiragarapan Katsuhiro Otomo.

Selain itu, ada seorang tokoh bernama Cid (Pierce Gagnon) yang merupakan seorang anak kecil berkemampuan unik dapat mengubah dirinya menjadi sosok raksasa. Hal tersebut juga ditemukan dalam karakter Tetsuo di filmAkira.Tak sampai di situ,Loopergarapan Rian Johnson ini juga mengambil beberapa inspirasinya lewat manga yang masih karya Katsuhiro berjudulDomu: A Child's Dream.



9. Pacific Rim

Pacific Rimtelah dirilis pada Juli 2013 dan mengisahkan perang antara manusia dan monster laut. Dalam film garapan Guillermo del Toro ini, unsur-unsur yang terkandung di dalamnya terdapat konsep dari beberapa animasi Jepang. Antara lainNeon Genesis Evangelion, Mobile Suit GundamdanPatlabor.

Sang sutradara dan Travis Beacham, si penulis skenario, membantah telah menontonNeon Genesis Evangelion.Namun dalam serial animasinya, kisah dalamPacific Rimtersebut sama, yakni berusaha untuk melenyapkan sosok makhluk aneh.



10. Her

FilmHeryang dirilis pada tahun 2013 ini memiliki kemiripan dengan animasi Jepang berjudulChibotskarya Clamp. Di mana keduanya bercerita tentang sosok lelaki yang menemukan seorang perempuan yang sangat berbeda dengannya. Perbedaan tersebut lahir ketika sang lelaki menemui dirinya adalah seorang manusia namun sang perempuan hanyalah makhluk intelegensi komputer.

Dalam filmHer, makhluk tersebut bernama Samantha (Scarlett Johansson) sedangkan dalamChibotsbernama Chi. Sosok laki-laki dalam filmHersendiri adalah Theodore Twombly (Joaquin Phoenix). Kesamaan alur cerita di mana sang manusia dan makhluk yang hanya bisa bersuara tersebut jatuh cinta ini yang digadang-gadang bahwa Spike Jonze meniruChibots.

Penulis: Heidyne Marsya