29 Tahun Kiprah Telkomsel, Beri Dampak Nyata Bagi Indonesia

pada 7 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -  Sudah 29 tahunTelkomselhadir mendampingi masyarakat Indonesia dengan memberikan pelayanan terbaik melalui ragam inisiatif, inovasi, dan aksi nyata. Dalam memperingati hari jadinya ke-29, Telkomsel mengusung ‘Maju Serentak Berikan Dampak’ sebagai semangat untuk memperkuat inklusi digital nasional, sehingga membuka peluang kemajuan bangsa.

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pelanggan setia Telkomsel danstakeholderyang telah menjadi bagian dari perjalanan panjang perusahaan sampai sekarang.

“Memperingati usia yang ke 29 tahun,Telkomselakan terus maju dan bertumbuh dengan memperkuat komitmennya yang sejalan dengan Visi baru perusahaan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi untuk membuat hari ini menjadi lebih baik dan menciptakan masa depan yang gemilang,” ujar Nugroho, dalam keterangan pers yang diterimaUzone.idpada Minggu (26/5).

Untuk mencapainya, Nugroho melanjutkan, perusahaan berupaya menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang setiap rumah dan kegiatan usaha untuk membuka semua peluang. 

“Visi dan Misi baru ini akan menjadi komitmen perusahaan untuk terus melangkah maju memberikan kontribusi nyata sehingga terus menjadi mitra terpercaya masyarakat dan bangsa,” kata Nugroho.

Dampak nyata Telkomsel di Indonesia

Selama 29 tahun, Telkomsel konsisten menyediakan dan meningkatkan konektivitas infrastruktur jaringanbroadbandyang merata dan setara.

Perusahaan telah menghadirkan jaringan 5G pertama dan terluas di Indonesia yang mencakup lebih dari 53 kota/kabupaten, dan telah dimanfaatkan dalam mendukung beberapa sektor sepertirobotic telesurgery,marine mobile,warehouse management, hinggasmart mining

Telkomsel juga menjadi yang pertama menghadirkan jaringan 4G di Kapal PELNI, kemudian menjadi salah satu pendiri Autonomous Networks di dunia yang telah diimplementasikan di Indonesia sehingga jaringan dapat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi secara mandiri dan otomatis dengan lebih cepat. 

Saat ini, 257.300 BTS Telkomsel sudah tersebar di seluruh pelosok negeri. Dengan seluruh kapabilitas tersebut, Telkomsel telah meraih berbagai penghargaan, termasuk Best Mobile Network selama 5 kali berturut dan Best Mobile Coverage serta Fastest Mobile Network dari Ookla Speedtest Awards 2023.

Telkomsel secara konsisten menyajikan solusi produk dan layanan digital yang memberikan nilai tambah dan berorientasi pada pelanggan, seperti mengintegrasikan layanan IndiHome ke dalam jaringan Telkomsel, menghadirkan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC), dan meluncurkan produk Telkomsel One.

 

Telkomsel juga telah menghadirkan layanan eSIM untuk pelanggan di dalam dan luar negeri. Dalam upaya mewujudkan pengalaman digital pelanggan yang lebih baik, Telkomsel telah meningkatkan kapabilitas asisten virtual ‘Veronika’ dengan teknologi Microsoft Azure OpenAI Service, kemudian menghadirkan aplikasi MyTelkomsel versi terbaru yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bertransaksi atau sekadar mendapatkan informasi.

Melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise bersama TelkomGroup, perusahaan menjadi mitra utama dalam mendorong transformasi digital di segmen B2B, korporasi, dan industri. 

Ragam inovasi dan solusi terbaru yang dihadirkan, seperti layanan RCS Business Messaging (RBM) yang membantu pelanggan segmen korporasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan kebebasan penuh untuk menyampaikan pesan bisnis yang lebih kaya dan interaktif kepada target audience. 

Meluncurkan Digihub, platform yang memberikan akses ke jaringan API Telkomsel untuk membuka peluang pengembangan solusi layanan digital inovatif baru dan memperluas jangkauan layanan digital bagi para pelaku bisnis.

Selama 29 tahun, Telkomsel juga mengedepankan proses bisnis berkelanjutan dengan mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui ragam inisiatif perusahaan dan aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang menciptakan dampak positif terhadap kelestarian alam dan lingkungan, pemberdayaan masyarakat Indonesia, serta membangun ekosistem digital yang aman dan bertanggung jawab. 

“Dalam menciptakan dampak positif terhadap alam dan lingkungan, Telkomsel menghadirkan Telkomsel Jaga Bumi yang telah melakukan penanaman 15 ribu pohon di 8 lokasi pada 2023 lalu untuk mengkompensasi emisi karbon. Kemudian juga program pengelolaan limbah plastik, yang telah mendaur ulang limbah plastik dan bekas cangkang kartu SIM menjadi 75 ribupavement blockdan 20 ribuphone holder,” terang Nugroho.

Inisiatif CSR Telkomsel yang berfokus pemberdayaan masyarakat didukung oleh peta jalan ekosistem inovasi yang mencakupdigital talent acceleratorIndonesiaNEXT,impact startup incubatorNextDev, dancorporate acceleratorTinc. Seluruhnya didukung pula oleh anak perusahaan yang bertindak sebagaicorporate venture capitalTelkomsel Ventures, dandigital business portfolio holding&platformcompanyyaitu INDICO. 

“Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini telah bergerak mengembangkan inovasi bersama para stakeholder untuk mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia,” jelas Nugroho.

Program NextDev telah berperan sebagaiimpact incubatoryang mendukung startup digital berdampak sosial di Indonesia, dengan sejumlah 143early-stagestartup yang telah berhasil di inkubasi.

Selain itu, program IndonesiaNEXT juga telah membantu lebih dari 6.500 talenta muda dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing di era digital. Kemudian, Internet BAIK yang memberikan pelatihan literasi digital kepada lebih dari 29 ribu peserta, termasuk pelajar, guru, orang tua, dan komunitas untuk menghadirkan ruang digital yang Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif. 

Sementara program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang berfokus mengakselerasi kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia, telah mendukung akselerasi transformasi digital di lebih dari 2.500 UKM lokal. 

Tidak hanya itu, Telkomsel juga melalui inisiatif filantropi ‘Sambukan Senyuman’ aktif memberikan sejumlah bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan di seluruh penjuru Indonesia dengan menebar kebaikan dan kebahagiaan guna mendukung kehidupan yang lebih baik.

Dampak nyata kontribusi ini diperkuat dengan hasil riset dan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LDUI) bertajuk 'Kontribusi Penetrasi Internet Telkomsel terhadap Perekonomian Indonesia pada Era Ekonomi Digital'. 

Riset itu menyatakan bahwa Telkomsel tidak hanya menjadi pelopor dalam menyediakan layanan telekomunikasi, tetapi juga menjadi penggerak dalam memacu pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Hasil riset tersebut terbagi menjadi tiga temuan utama, yakni Internet Telkomsel Berkontribusi Terhadap Perekonomian Indonesia, Internet Telkomsel Membantu Digitalisasi Usaha, dan Internet Telkomsel Meningkatkan Omzet Usaha. 

Secara keseluruhan, hasil riset dari LDUI kembali menegaskan bahwa Telkomsel tidak hanya sekedar perusahaan telekomunikasi digital, tetapi juga mitra strategis dalam mewujudkan visi pemerintah untuk membangun ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

“Dengan terus berinovasi dan berinvestasi dalam infrastruktur digital, Telkomsel menjadi salah satu pilar pendukung yang dapat memacu kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” pungkas Nugroho.