3 Resep Menu Sahur yang Praktis dan Bergizi Tinggi

pada 7 tahun lalu - by

Kerap kali muncul rasa enggan untuk 'ribet' memasak menu sahur, dan jalan pintasnya lagi-lagi ke makanan cepat saji, seperti mie instan misalnya.

Padahal, tubuh membutuhkan cukup asupan nutrisi agar metabolisme terjaga saat menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam. Agar praktis dan asupan nutrisi tetap terjaga, berikut kami hadirkan tiga resep sandwich lezat sekaligus bergizi yang cocok sebagai menu santap sahur.

1. Sandwich ayam berbumbu

Pertama-tama, bumbui potongan dada ayam dengan garam, lada, oregano, dan bubuk bawang putih sebelum dimasak di atas api sedang. Campurkan beberapa sendokgreek yogurtdengan timun yang sudah dipotong kecil-kecil untuk membuat saus. Kemudian, apit susunan daging ayam yang sudah disuwir bersama tomat, paprika, serta saus timun dengan roti gandum. Ingin tambahan zat besi dan vitamin B? Anda dapat mengganti daging ayam dengan daging sapi tanpa lemak.


2. Sandwich rendah kalori

Daripada menggunakan mentega yang berlemak, Anda dapat menggantinya dengan ‘selai’ yang lebih bergizi dengan memanfaatkan buah alpukat. Caranya, hancurkan buah alpukat dan oles ke atas roti gandum yang akan digunakan. Tutupi selembar roti tersebut dengan daging ham sapi yang sudah dimasak dengan sedikit minyak, potongan tomat, dan potongan seledri. Tutup lagi dengan selembar roti gandum yang sudah diolesi alpukat.



3. Sandwich salmon lemon

Berbeda dengan menu-menu sebelumnya, menu ini tidak menggunakan roti gandum, melainkan daun selada untuk membungkus bahan-bahan sandwich. Pertama, campurkan daun bawang dan seledri yang sudah dipotong-potong ke dalam mangkuk berisi salmon kalengan, greek yogurt, kacang-kacangan, dan perasan jeruk lemon. Aduk sampai tercampur rata. Kemudian tuang adonan tersebut sebanyak 1-2 sendok ke atas sehelai daun selada, dan gulung sampai terbungkus rapat. Buat lah sebanyak yang Anda butuhkan.


Baca juga artikel:
3 Makanan Termahal di Dunia Berasal dari Indonesia
Fakta di Balik Label Sehat pada Produk Makanan
5 Solusi Jitu Agar Tidak Kalap Makan Saat Berbuka Puasa









TEKS: HAVIERA RAHMA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE