4 Destinasi Wisata yang Menunggumu di Nusakambangan

pada 6 tahun lalu - by

Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, selama ini dikenal sebagai tempat pengamanan untuk narapidana kelas berat. Di sana terdapat Lembaga Permasyarakatan berkeamanan tinggi dan tempat eksekusi untuk napi yang dijatuhi hukuman mati.

Di luar labelnya sebagai Pulau Kematian, Pulau Nusakambangan sebenarnya menyimpan kecantikan alam dan nilai sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Mulai dari barisan pantai eksotis, gua-gua indah, hingga benteng peninggalan Portugis.

Yuk, plesiran ke empat destinasi wisata di Pulau Nusakambangan berikut:

1. Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong terletak dekat Pantai Karang Pandan, Nusakambangan. Situs wisata sejarah ini dibangun Portugis pada 1716, namun kemudian dikuasai oleh tentara kolonial Belanda. Dulunya difungsikan sebagai benteng pertahanan dan pengintai musuh yang datang dari arah selatan.

Kondisi benteng tampak kurang terawat dengan banyaknya akar tumbuhan yang tumbuh di atasnya. Oleh karenanya, Benteng Karang Bolong ini kini lebih mirip gua daripada benteng. Kamu bisa dengan mudah melihat kucing hutan dan monyet berkeliaran di sekitar benteng.

2. Pantai Permisan

Pantai ini tergolong sepi dan biasa dikunjungi oleh keluarga penjenguk napi. Menariknya, pantai ini memiliki warna pasir dengan gradasi putih dan hitam. Belum lagi batuan karang yang makin mempercantik Pantai Permisan.

Untuk mengunjungi pantai ini, masuklah ke Nusakambangan lewat Pelabuhan Sodong, lalu naik kapal Pengayoman II. Kemudian lanjut dengan naik bus sekitar 15 km yang disediakan pihak Lapas. Sampai deh di Pantai Permisan!

3. Pantai Karang Pandan

Tak jauh dari Teluk Penyu, Cilacap, kamu bisa menyeberang ke Pantai Karang Pandan. Berbeda dengan Pantai Permisan, Pantai Karang Pandan memiliki pasir putih yang lembut. Dari pantai ini kamu bisa melihat pulang karang di seberang, yakni Pulau Majethi. Karena masih sepi, kamu bisa mengambil foto sepuasmu tanpa khawatir adaphotobomb.

4. Kampung Laut

Kampung Laut terletak di barat Nusakambangan, tepatnya di pesisir Selat Segara Anakan. Kampung itu didominasi oleh warga yang berprofesi sebagai nelayan.

Daya tarik kampung ini adalah banyaknya gua-gua cantik yang menanti untuk dikunjungi, seperti Gua Pawon, Gua Ronggeng, dan Gua Payung. Hutan mangrove di dekat Kampung Laut juga akan menjadi surga bagitraveleryang hobi memancing. Siapkan kailmu untuk berburu ikan kerapu, udang galah, dan lain-lain.