4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan Layar Besar Galaxy Fold4 5G

pada 2 tahun lalu - by

Uzone.id -Ponsel lipat dengan layar besar memang menjadi ciri khas dari Samsung Galaxy Z Fold4 5G yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu secara global.

Walau diposisikan untuk pengguna yang punya produktifitas tinggi, namun bukan berarti ponsel ini hanya bisa digunakan untuk berkerja saja.

Nah,kebetulan saat kami menggunakan Samsung Galaxy Z Fold4 5G ini selama beberapa hari, ada banyak hal yang bisa dilakukan baik untuk produktifitas maupun bersenang-senang.

Baca juga: Makin Produktif Berkat Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Berikut 4 hal yang bisa kamu lakukan dengan layar besar dan lipat yang ada di Samsung Galaxy Fold4 5G.

Bekerja Maksimal

Kami infokan kembali ya kalau Galaxy Fold4 5G ini menjadi ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Android 12L, yang merupakan turunan dari Android 12.

Sistem operasi Android 12L memang hadir agar bisa memaksimalkan ponsel dengan layar besar dan juga lipat.

Aplikasi yang ada di Galaxy Fold4 5G ini tentu saja artinya akan lebih maksimal untuk digunakan, baik dalam posisi layar 6.2 inci di cover screen atau 7.6 inci sebagai layar utama.

Dipadukan bersama prosesor terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8+ Gen 1, tentu saja aplikasinya tidak hanya dimaksimalkan, namun juga jauh lebih mulus buat multitasking.

Fitur Multiwindow di Galaxy Z Fold4  5G dapat membantu pengguna melakukan banyak tugas seperti seorang profesional sepanjang hari. Bayangin, kini kamu bisa membuka tiga aplikasi yang bersamaan dalam satu layar.

Jika pengguna ingin menonton video sambil melihat-lihat foto, atau mengirim email saat menelusuri berita, cukup buka aplikasi secara bersamaan menggunakan layar terpisah atau tampilanpop-up.

Memang salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh Samsung di Galaxy Fold4 5G ini adalah Taskbar. Mirip yang ada di PC.

Selain itu, pengguna bisa memindahkan atau menyalin file dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah. Hal itu lantaran tersedia fitur Drag and Drop.

Jadi saat memindahkan file, pengguna cukup memilih dan menekan file yang diinginkan lalu menariknya ke aplikasi lainnya. contohnya, untuk mengirim file foto dari gallery melalui email atau aplikasi perpesanan WhatsApp.

Bermain Game

Baterainya memang masih 4.400 mAH, namun dengan chipset teranyar mampu menghemat kondisi dayanya ketimbang generasi sebelumnya. Ini artinya apa? Bisa puas dong main game juga.

Kami menjajal bermain Genshin Impact dan PUBG Mobile, semua bisa puas dengan settingan ‘rata kanan’.

Bermain dengan layar 7.6 inci pun menurut pengalaman kami juga jauh lebih puas, sebab gak terlalu besar dan gak terlalu kecil. Pas banget yang menyukai bermain game di tablet, tetapi gak pengen gede-gede banget juga.

Nonton Puas

Di Galaxy Fold4 5G, sebab, selain memastikan pengalaman melipat-lipat ponsel yang 45 persen lebih baik, ponsel ini juga semakin ringan. Enak loh digenggam, terasa pas banget gitu.

Wajar sih karena Samsung mengurangi bobotnya hingga 8 gram dibandingkan Fold3, tepatnya dari 271 gram menjadi 263 gram.

Ini perubahan lain yang kami suka, ya ada di cover screen atau layar depannya. Bila diperhatikan, bezel layarnya semakin tipis. Bodi rasionya dari 24,5:9 menjadi 23,1:9, jadi ya benar semuanya sudah semakin terlihat lega tanpa bezel tebal di sebelah kiri.

Ini yang suka nonton akan dimanjakan banget, apalagi kepadatan resolusinya juga ditingkatkan dibandingkan sebelumnya. Fold4 kini lebih tajam, resolusi di Fold3 2268x832, sementara di Fold4 sudah 2.316x904.

Galaxy Fold4 jauh lebih tajam karena kepadatan resolusinya mencapai 1000nits. Jadi nonton kualitas 4K pun ya bukan ‘abal-abal’ lagi. Karena beneran tajam.

Foto-foto Makin Oke

Ya,ini menjadi upgrade besar lainnya dari Galaxy Fold4. Saya pikir, ponsel buat kerja buat apa punya kamera bagus-bagus amat. Tapi nyatanya, Samsung gak ingin mengecewakan pengguna Fold untuk buat meringkus foto atau video.

Masih ada lima kamera, dengan rincian seperti ini; kamera belakang ada lensa ultrawide resolusi 12 MP, sama seperti sebelumnya, lensa wide yang naik menjadi 50 megapiksel dari sebelumnya hanya 12 MP, sementara di lensa Tele memang turun dari resolusi 12 MP menjadi 10 MP, tetapi kemampuannya zoom naik menjadi 3x optical zoom.

Untuk uji coba, jelas jauh lebih terang dan semakin bersih ketika mengambil dalam posisi di indoor atau outdoor dengan kondisi sangat cukup cahaya. Nah gimana dalam malam hari, karena sensornya yang semakin besar, fitur Night Photograhpy yang ada si S22 Series pun kini hadir di Fold4 ini.Gokil…

Sementara kamera depan masih sama dari sisi resolusinya yakni 10 megapiksel. Nah, ketika dibuka camera UDC-nya alias under display camera secara resolusi juga tetap yakni 4 megapiksel. tapi bedanya dengan yang sebelumnya tuh, kini versinya makin baru dan terlihat sangat samar.

Gimana menurut kalian?