4 Karakteristik Millennial yang Perlu Diketahui Bagian Pemasaran

pada 7 tahun lalu - by

Dari total penduduklebih dari 255 juta jiwa, sebanyak81 juta pendudukIndonesia berusia 17-37 tahun yang dikenal sebagai generasimillennial. Generasi yang lahir dan tumbuh di lingkungan serba digital ini diprediksi bakalberkembang hingga enam puluh persendari total populasi di Indonesia pada tahun 2020.

Berbeda dengan generasi sebelumnya,millennialmerupakan target audiens dengan penetrasi produk yang cukup sulit. Terlahir generasi yangdigital native,mereka lebih peka terhadap perubahan dan lebih pintar mengantisipasi iklan.

Bila kamu tengah menyasar generasi ini, kamu harus mengerti apa yang mereka butuhkan serta bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain.

Millennialada di mana-mana

Millennialmerupakan konsumen dengan segmentasi yang luas, kamu dapat menemukan mereka di universitas, kantor, dan di rumah. Mereka berprofesi sebagai sebagai siswa pekerja, karyawan, atau bahkan orang tua tunggal. Dengan kata lain, mereka tersebar di setiap kelas sosial dan budaya.

Tidak hanya itu, mereka berbeda dengan generasi Baby Boomer. Mereka cenderung mengutamakan identitas dan pengalaman sosial, serta memandang hidup secara berbeda. Inilah mengapa generasi ini memilikipurchasing habit yang berbeda pula.

Penyuka konten autentik

Menurut AdAge,millennialmenghabiskan rata-rata 25 jam per mingguberselancar di dunia maya. Mereka menjelajahi web, blog, dan media sosial, serta saling berbagi, menyukai, hingga mengomentari semua konten yang mereka temukan. Konten yang autentik akan lebih menggugah dan memotivasi mereka untuk terus menyebarkannya kembali kepada komunitasonline.

Jika kamu menguasai ‘bahasa’ mereka, kamu sudah selangkah lebih dekat dengan generasi ini. Jadikanmillennialsebagai fokus kampanyemu dan buat mereka jadi pusat dari semua konten yang kamu buat.

Pengguna perangkatmobiledan media sosial 24/7

Millennialtidak bisa lepas dari perangkatmobilemereka. MenurutGoogle,millennialmengakses informasi dan melakukan pembelianonlinelangsung darismartphonemasing-masing. Dalam hal mencari paket perjalanan misalnya, 64 persenmillennialmemesan hotel langsung dari ponsel setelah melakukan pencarianonline.

Hubspot juga menerangkan65 persenmillennialberinteraksi denganbrandatau produk secaraonlinedi media sosial, terutamaFacebook dan Twitter. Mereka ingin tahu apakahbrandtersebut layak mendapatkan loyalitas. Jadi, bila perusahaanmu tidak memiliki akun media sosial dan tidak dapat menjalin hubungan dengan konsumen bersiaplah untuk kehilangan konsumen potensial.

Senang berkolaborasi

Millennialtumbuh dalam budaya berbagi. Mereka tidak merespons kampanye pemasaranhardselling. Sebaliknya, mereka senang menjadi pencipta produk (product co-creator) dan terlibat dalam pengembangan produk maupun layanan.

Perusahaan umumnya menginginkan produk tersebut dikonsumsi. Namun tidak denganmillennial, keterlibatan pada pengembangan produk membuat mereka lebih percaya dan loyal terhadapbrand.

Bila kamu tengah menyasar generasi ini, fokuslah dalam membangun hubungan dengan mereka. Fasilitasi mereka untuk berekspresi serta bantu membangun merek pribadi sendiri.

Ingin tahu lebih banyak?

Millennialingin memiliki kedekatan hubungan denganbranddan pemasaran tradisional tidak memfasilitasi hal ini.Outboundmarketing, sepertibillboard,directmail, dan iklan radio tidak menggugah hasrat mereka.

Dalam pikiran konsumen generasi ini, kampanye pemasaran tersebut terlalucompany-focused. Mereka menuntut pemasaran yang lebih personal dan berorientasi pada pelanggan.

Jika kamu adalah seorang pemasar yang ingin mengeksplorasi lebih jauh tentangmillennialdan bagaimana menciptakan kampanye pemasaran yang tepat, Marketing Stage diTech in Asia Jakartamerupakan jawabannya!Charles Tidswell(VP JAPAC, Social Bakers),William Utomo(Co-founder, IDN Media) danYuanita Agata(Senior Marketing Lead, LINE) siap berbagiinsightdan pengalaman masing-masing denganmu.

Segera pesan tiketmu dan gunakan kode ‘tiajkt10’ saat checkout pembelian tiket untuk diskon sepuluh persen. Promo ini akan berakhir pada tanggal20 Oktober 2017. Sampai jumpa diJakarta Convention Centre!

 


(Diedit olehIqbal Kurniawan)

The post4 KarakteristikMillennialyang Perlu Diketahui Bagian Pemasaranappeared first onTech in Asia Indonesia.