4 Penyebab Tenggorokan Berdahak

pada 7 tahun lalu - by

Apakah Anda pernah merasa tenggorokan Anda sangat gatal dan terasa ada yang mengganjal di dalamnya? Kondisi ini sering kali disebabkan oleh lendir tenggorokan yang terlalu banyak dan menumpuk. Tenggorokan berdahak ini bisa dipicu oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi sehari-hari.

Sebenarnya, memiliki banyak lendir di tenggorokan normal atau tidak? Apa yang menjadi penyebab tenggorokan berdahak? Serta jenis makanan apa saja yang bisa membuat tenggorokan tersumbat akibat lendir?

Lendir tenggorokan sebenarkan penting untuk mencegah penyakit infeksi

Lendir di dalam tenggorokan Anda sebenarnya sangat berperan untuk mencegah berbagai zat asing masuk ke dalam tubuh. Jika ada zat asing yang secara tidak sengaja masuk, maka zat tersebut akan menempel pada lendir, kemudian tubuh akan mengeluarkan zat dan lendir tersebut keluar – entah melalui ingus ataudahak. Namun, ketika tubuh Anda terinfeksi atau suhu lingkungan dingin, ini dapat membuat produksi lendir tenggorokan lebih banyak.

Apa penyebab tenggorokan berdahak dan memproduksi lendir lebih banyak?

1. Alergi makanan tertentu yang tidak Anda sadari

Salah satu hal yang dapat membuat lendir di tenggorokan Anda menjadi lebih banyak adalahalergi. Banyak orang yang merasa tenggorokannya terganjal sesuatu – akibat lendir – tidak menyadari bahwa merek punya alergi dan sedang mengalami alergi saat itu. Alergi tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi gatal-gatal saja tetapi juga bisa menimbulkan efek lain, contohnya produksi lendir di tenggorokan menjadi lebih banyak.

Beberapa jenis makanan yang mampu menyebabkan alergi adalah telur, ikan, susu dan produknya, kacang, kerang, dan kacang kedelai.

2. Histamin yang tinggi

Histamin dilepaskan secara otomatis oleh tubuh apabila Anda mengalami alergi, tetapi terkadang histamin terkandung di dalam beberapa makanan atau jenis makanan tertentu mampu untuk meningkatkan histamin dalam tubuh – meski tidak sedang alergi. Makanan yang mengandung histamin alami adalah keju, yogurt, mentega, cuka, ikan asap, daging kemasan, dan buah-buahan kering.

Sementara itu, makanan yang dapat meningkatkan produksi histamin dalam tubuh kemudian memicu produksi lendir tenggorokan adalah pisang, coklat, strawberi, pepaya, nanas, dan telur.

3. Asam lambung meningkat

Asam lambung yang naikkembali ke bagian tenggorokan, atau disebut juga refluks asam lambung, merangsang produksi lendir yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena asam lambung dapat melukai tenggorokan, sehingga tubuh akan secara otomatis menghasilkan lendir agar tidak terjadi peradangan yang berlanjut. Sementara, tanpa sadar Anda mengonsumsi makanan yang bisa membuat asam lambung naik, seperti cokelat, kopi, mint, minuman berkarbonasi, serta makanan yang tinggi lemak. Hindari hal tersebut jika Anda mengalami gangguan tenggorokan.

4. Pola diet yang tidak sehat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine pada tahun 2006 silam, menemukan bahwa seseorang yang menerapkan diet tinggi natrium, terlalu sering dan banyak mengonsumsi karbohidrat serta daging olahan, cenderung lebih sering mengalami tenggorokan tersumbat akibat lendir. Sehingga, pola diet yang tidak sehat juga dapat membuat lendir tenggorokan Anda meningkat.

The post4 Penyebab yang Membuat Tenggorokan Anda Berdahakappeared first onHello Sehat.