4 Solusi Jitu untuk Atasi Vertigo

pada 7 tahun lalu - by

Vertigoadalah hilangnya keseimbangan sehingga membuat Anda merasa diri sendiri atau ruangan di sekitar seperti berputar-putar. Kebanyakan dari kasus ini diakibatkan karena adanyaproblemdengan telinga bagian dalam, meski terdapat pula akar-akar permasalahan yang lainnya sepertimigrain, cedera, hingga tumor.

Menurut penyebabnya, penanggulanganvertigokira-kira dapat dikelompokkan ke dalam beberapa opsi seperti yang berikut ini.

1. Obat-obatan

Sejumlah obat-obatan kerap diberikan untuk melegakan gejala sakit kepala yang berhubungan denganvertigo. Sebagai contoh lain, penggunaan antibiotik maupun steroid mampu menyembuhkanvertigoyang disebabkan oleh infeksi atau pembengkakan. Sedangkan, kasusvertigoyang diakibatkan olehMeniere’s diseasebiasanya diatasi dengandiureticsaliaswater pillsguna mencegah tekanan dari menumpuknya cairan dalam tubuh.

2. Vestibular Rehabilitation

Ini ialah terapi fisik dengan tujuan menguatkan sistem vestibular yang berfungsi mengontrol keseimbangan tubuh. Rehabilitasi semacam ini umumnya direkomendasikan apabila Anda mengalamivertigosecara berulang dan terus-menerus.

3. Canalith Repositioning Procedure

Salah satu penyebabvertigoadalah BPPV yang merupakan singkatan dariBenign Paroxysmal Positional Vertigo. BPPV muncul saat partikel kalsium (canalith) menggumpal pada kanal-kanal telinga bagian dalam. Demi menuntaskan hal ini, American Academy of Neurology merekomendasikan sebuah prosedur khusus yakniCanalith Repositioning Procedure guna mengeluarkan deposit kalsium tersebut sehingga bisa terserap oleh tubuh. Tindakan ini diklaim aman dan efektif selama dilakukan oleh dokter atau terapis berpengalaman.

4. Operasi

Pada beberapa kasusvertigoyang melibatkan cedera ataupun tumor pada otak maupun leher, upaya bedah dibutuhkan untuk meringankan rasa nyeri.

 

(Foto: LADO/Shutterstock.com)