4 Tren Makeup Terbaru dari M.A.C

pada 7 tahun lalu - by

Beberapa hari yang laluBazaardiundang oleh M.A.C Cosmetics untuk menyaksikan secara langsung realisasimakeup trendmusim semi 2017 di gedung ekshibisi Art:1, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sesampainya di sana, ruanghallyang berada di lantai tiga tersebut disulap layaknya sebuahmakeup workshopbersama para media dan penata rias. 


Nicole Thompson, sebagai M.A.C Senior Artist asal Australia, didaulat untuk melakukan presentasi sekaligus demontrasi riasan yang akan menjadi tren di musim semi ini. Ia terlihat sangat fasih menjelaskan mengenai pengalamannya saat menjadi bagian dalam perhelatanfashion weekuntukSpring/Summer2017. Apa saja empatlookyang ditunjuk oleh Nicole?

1. REAL
Konsep riasan ini memang memiliki artimakeup'seada-adanya' atau 'sebenar-benarnya'. Diawali dari tampilanmakeupbertajukbare facepadarunwayMichael Kors, hingga permainansmudgeyang dibiarkan berantakan agar menjadismoky eyessepertirunwayFausto Puglisi dan Veronique Lerroy atauundone lipstickdi pergelaran Molly Goddard.

Searah jarum jam dari kiri atas: Michael KorsSpring2017, Veronique Leroy Spring2017, Fausto FuglisiSpring2017, dan Molly GoddardSpring2017. (Foto: Matteo Valle & Matteo Scarpellini/IMAXTREE.COM)

Nah, untuk mengikuti konsepmakeupReal pada keseharian Anda, Nicole pun membuat riasan yang lebih ekspresif. Misalnya membubuhkaneyelinersmudgedengan basisgliterry, mengaplikasikanlip pencilberwarnaboldhanya pada tengah bibir (kemudian dibaur ke tepian agar terlihatblurred out). sedangkan bagian pipi dapat diberi semburat segar menggunakan sisa warna dari bibir Anda.

Tampilan Real karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)


2. FREE
Spontan! Gaya riasan Free seolah ingin mendobrak sisimakeupkonvensional dan mengesampingkan sejenak tentang cantik klasik. Aksinya lebih dinamis dengan permainan warna-warna vibran seperti pemulas bibir padarunwayThom Browne, atau permainan guratan kuas spontanitas dirunwayMax Mara. Ada pula sentuhan glamor yang masih dikemasfunlewat permainanblushonpadacatwalkKenzo atau sekadar memantulkan warna pastel dengan tambahanhighlighterseperti milikrunwayMarques' Almeida.

Serarah jarum jam dari kiri atas: Marques' AlmeidaSpring2017, Max MaraSpring2017, Thom BrowneSpring2017, dan KenzoSpring2017. (Foto: Matteo Valle & Alessandro Viero/IMAXTREE.COM)

Nicole pun menciptakan riasan bertema bebas ini dengan mengambil warna biru elektrik pada kelopak mata, dan dibentuk grafis mata kucing. Nicole sendiri membocorkan rahasia bahwa ia mengaplikasikan dua warna biru yang berbeda, yaknilight bluepada seluruh kelopak mata dan biru dengan satushadeslebih gelap pada area tengah mata. Hasilnya warna biru di mata model ini terlihat lebih berdimensi serta penuhstatement.


Tampilan Free karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)

3. WET
Glossy lookyang mulai mencuat tahun lalu, terbukti makin digemari pada tahun 2017. Dengan mengandalkan M.A.C Studio Eye Gloss, Anda dapat berekspresi dengan tampilan mengilap yang dibubuhkan pada area mata sepertirunwayAltuzarra atau menimpa lipstik layaknyarunwayGareth Pugh. Efek kilat lainnya juga dapat dibuat dirancang lebih sederhana misalnya model dirunwayMarni dan Moncler.

Serarah jarum jam dari kiri atas: Altuzarra Spring 2017, Gareth Pugh Spring 2017, Marni Spring 2017, dan Moncler Spring 2017. (Foto:  Ivan Lattuada, Alessandro Zeno &  Matteo
Scarpellini/IMAXTREE.COM)

Tentu saja riasanwet lookagak sulit diterapkan di Indonesia yang cenderung beriklim tropis dan panas. Oleh karena itu Nicole menyederhanakan konsepglossmenjadi lebih ringan, yaitu jatuh pada pilihan ekstraglowingpada kompleksi wajah. Sedangkan pada area mata diberi warna cokelat dengan teknikcat eyes, kemudian dibubuhieye glossagar ada kesan sedikit basah dan seksi. Nicole memberi tip khusus supaya Anda mengaplikasikansettingpowderpada area yang mudah berminyak semisal dagu, dekat hidung, persis di atas alis, dan pelipis. Sisanya? Tonjolkan ilusi sempurna lewat permainanhighligthyang tepat!

Tampilan Wet karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)


4. WARM
Ini adalahlookyang paling feminin dari trenSpring/Summer2017 keluaran M.A.C. Ada campur tangan nuansa alam yang menyiratkan efeksunneddari pemilihan warna kuning menuju oranye (padarunwayMissoni). Lalu pada pipi diberi rona segar dari paletpinkish(Zac Posen),peachmaupunbronze. Selain itu, paletcherrytipis yang hanya diaplikasikan tipis pada bibir layaknyarunwayCharlotte Olympia juga menonjolkan kesan manis. Intinya, tampilan Warm seakan ingin mempertegas kondisi kulit Anda yang memang sudah berkualitas alias sehat. Satu lagi, kesanglowingdanglossmasih mendominasi tren ini seperti padarunwayAlexis Mabille.

Serarah jarum jam dari kiri atas: Alexis MabilleSpring2017, Charlotte OlympiaSpring2017, MissoniSpring2017, dan Zac PosenSpring2017. (Foto: Matteo Valle & Matteo Scarpellini/IMAXTREE.COM)

Apa warna yang paling direkomendasikan Nicole untuk warna kulit wanita Indonesia? Ia terang-terangan menyebut palet kuning yang katanya sangat cocok diaplikasikan pada warna kulitfairpucat hingga gelap sawo matang. Baiknya gunakaneyeshadowpencil terlebih dahulu, kemudian dibaur dengan kuas. Ia juga memberikan pulasan pipi berwarna segar, menyikat alis agar lebih terdefinisi, dan terakhir membubuhkan lipstik bernuansa natural.


Tampilan Warm karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)


(Layout: Yellsa Nurilla Indah; Foto: Dok Bazaar)