5 Bisnis Ini Layak Dipertimbangkan pada Tahun 2018

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

AKHIR tahun sudah di depan mata. Buat kamu yang sudah merencanakan merintis bisnis sejak awal tahun namun tidak terealisasi karena bingung memilih bisnisnya, jangan khawatir.

Adabeberapa jenis bisnisini akan memiliki peluang besar di tahun depan. Berikut di antaranya:

Perusahaan rintisan digital media

Saat ini, banyak laman baru bermunculan di internet. Contohnya, blog yang membahas konten tertentu. Mereka adalah perusahaan rintisan digital media yang membahas topik khusus sesuai minat dan keahlian pengembangnya.

Kamu juga bisa mencoba menggeluti bisnis yang sama pada 2018. Kamu tak perlu membuat konten yang berat berdasarkan riset mendalam. Bisa saja berupa berita atau informasi yang dikemas dengan cara sederhana namun menarik.

Copywriter

Pertumbuhan situs dan blog profesional membuat potensi bisnis jasa penulisan artikel menjadi menjanjikan di 2018. Kreasi artikel memang tampak mudah, namun sebenarnya sulit dilakukan.

Alhasil, banyak pihak akhirnya mempercayakannya pada orang lain untuk produksi konten. Bila kamu punya bakat menulis, tambahkan keahlian standar SEO (search engine optimization) dan kamu siap memulai bisnismu.

Selain itu, pahami pula cara menggunakan bahasa persuasif untuk memberikan nilai tambah. Rata-rata pemilik situs mengutamakan penulis yang paham dasar SEO agar bisa memengaruhi pembaca.

Jasa desain grafis

Bisnis desain grafis juga punya peluang besar di 2018. Peluang ini muncul karena tingginya pengguna media sosial seperti Instagram dan Facebook yang mengunggah konten visual untuk keperluan pemasaran daring (online).

Banyaknya permintaan untuk membuat konten visual yang menarik, baik gambar atau video, membuat bisnis ini punya peluang besar.

Pelatihan daring

Pendidikan formal sudah menjadi kewajiban. Sedangkan tambahan keterampilan, tentu akan menunjang karier. Karena keterbatasan waktu, kini banyak orang lebih memilih untuk kursus daring.

Kamu bisa mencoba bermain di bisnis ini dengan menyediakan jasa pelatihan seperti pemasaran internet, desain grafis, olah foto, dan sebagainya. Penyedia jasa semacam ini pun sudah mulai bermunculan.

Jadi, bila kamu punya kemampuan spesifik tersebut dan merasa memiliki kemampuan untuk mengajar, tidak ada salahnya mencoba masuk bisnis ini.

Jasa pemasaran internet

Model bisnis ini sebenarnya memang sudah cukup banyak, namun tetap punya peluang di tahun depan. Beberapa jenis pemasaran digital yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google AdWords, Facebook Ads, Blogging, dan SEO.

Jika kamu memiliki salah satu kemampuan tersebut, kamu bisa mencoba mendirikan bisnis ini. Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu yang memiliki kemampuan sama di bidang pemasaran digital atau mereka yang memiliki kemampuan tertentu bisa melengkapi kebutuhan bisnis yang akan kamu rintis.

Kemudian, sebelum memberi penawaran pada calon klien, kamu bisa mulai dengan mengumpulkan portfolio yang pernah kamu kerjakan untuk memberi nilai tambah.***