5 Cara Efektif untuk Mencegah Jerawat

pada 6 tahun lalu - by

Masih berhadapan dengan masalah jerawat?Girls,kondisi kulit seperti itu tidak hanya terjadi pada masa remaja. Perubahan hormon yang dialami oleh tubuh perempuan saat menstruasi, hamil, bahkanmenopause,tetap bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Namun, kamu bisa menghindarinya dengan cara menjaga kebersihan pori-pori dari penumpukan minyak, kotoran, bakteri, dan sisa riasan wajah. Berikut ini lima jenis perawatan yang harus kamu lakukan dengan rutin, agar kulit selalu terlihatflawless!

 

FacialSesuai Jenis Kulit

Merasa kalau rutinitas kecantikan yang kamu lakukan setiap hari sudah optimal? Cosmo menyarankan kamu untuk mengunjungi ahli dermatologi berkredibilitas dan melakukan perawatanfacialminimal satu bulan sekali.

Dalam perawatan tersebut, akan ada proses ekstraksi yang berfungsi mengangkat komedo penyebab jerawat. Sebelumnya, konsultasikan terlebih dulu mengenai jenisfacialyang sesuai dengan kulit kamu, agar penangannya lebih maksimal. 

 

Mencoba PerawatanHydrafacial

Jika proses ekstraksi terasa menyaktikan dan kamu juga tidak menyukai efek kemerahan yang dihasilkan oleh perawatan facial,hydrafacialadalah alternatif pilihan terbaik.Hydrafacialmenggabungkan teknologi perawatanfacialdengan mikrodermabrasi, menggunakan alat kecil seperti vakum.

Jadi, sel-sel kulit mati yang menyumbat pada pori-pori kulit kamu akan terangkat tanpa ada rasa sakit. Oh, iya! Selama proses berjalan, alat tersebut juga mengeluarkan serum yang berfungsi untuk menutrisi kulit hingga ke lapisan terdalam. 

 

Exfoliate, Exfoliate, and Exfoliate!

Sudah menemukan produk eksfoliasi yang tepat, girls? Menurut, ahli dermatologi dari NYU Langone Medical Center bernama Doris Day, MD,chemical peelingmerupakan perawatan pengangkatan sel kulit mati yang terbaik.

Chemical peelingjuga bisa mengatasi kulit kusam, menghindari tanda penuaan, bahkan menutrisi kulit lebih optimal. Pilih produk yang mengandungglycolicdansalicylic acid, karena di saatglycolic acidbekerja mengangkat sel kulit mati, kandungansalicylic acidmembersihkan pori-pori kamu dengan optimal.

 

Gunakan Resep Dokter

Rekomendasi produk penghilang jerawat yang disarankan oleh teman,beauty influencer, atau bahkan saudara kandung, belum tentu menghasilkan efek yang serupa, loh! Bisa jadi, formulanya tidak sesuai dengan jenis kulit kamu dan justru menimbulkan masalah baru.

Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahli dermatologi untuk meminta resepskincareterbaik. Jangan ragu untuk bertanya mengenai produk-produk yang kamu gunakan, apakah boleh dikombinasikan atau justru harus dihentikan.

 

Memilih Produk KecantikanNon-comedogenic

Berhati-hatilah dalam memilih produk kecantikan, baikskincareataupun makeup. Mulai sekarang, kamu harus membeli produk berlabel“non-comedogenic”,yang artinya tidak bersifat menyumbat pori-pori. Jangan lupa, ya,girls!

 

(Image: Freepik.com)