5 Cara Merawat Body Motor Biar Nggak Cepat Kusam

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id- Merawat sepeda motor tidak selalu soal performa mesin atau hal-hal yang berbau teknis, tetapi tampilannya juga perlu dijaga. Tampilan body motor tentunya berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, terutama dari segi harga jualnya.

Oleh karenanya PT Thamrin Brothers selaku main dealer Yamaha di Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan beberapatipsdalam merawat body motor.

1. Parkir motor di tempat teduh
Selalu usahakan parkir di tempat yang teduh, seperti di bawah pohon atau lain sebagainya. Paling penting hindari motor terkena sinar matahari secara langsung.

Meskipun hal ini terasa sepele, namun sinar ultraviolet yang pancarkan dari matahari dapat merusakcatmotor terlebih jika sebelumnya terkena air hujan.

Efeknya memang tidak langsung terasa, namun jika terlalu sering maka akan memiliki dampak ke tampilan body motor.

2. Cuci motor secara berkala
Mencuci motor secara perlu dilakukan, terutama saat musim penghujan tiba. Karena dengan mencuci motor secara berkala juga dapat menjaga penampilan dan kenyamanan saat mengendarai motor.

Jika tidak sempat untuk mencuci motor, disarankan menggunakan jasa cuci motor yang saat ini sudah banyak tersedia.

3. Gunakan shampoo khusus motor
Bukan hanya rambut dan hewan, motor atau produk otomotif lainnya memiliki shampoo dengan kandungan khusus untuk membersihkannya. Biasanya shampoo untuk motor yang baik dapat menjaga kelembaban motor dan dapat menjaga cat dengan baik sehingga body motor terus terawat secara optimal.

4. Hindari penggunaan stiker berkualitas buruk
Tidak sedikit pengguna motor yang menempelkan stiker pada body motor mereka agar terlihat lebih keren. Namu jika stiker tersebut memiliki bahan dengan kualitas yang buruk, justru dapat merusak cat pada motor.

Hal ini dikarenakan stiker memiliki lem dan bahan yang berbeda-beda, jika suatu saat dilepas maka dapat menimbulkan bekas pada lapisan cat. Bahkan tidak menutup kemungkinan lapisan cat juga ikut terkelupas.

Disarankan jika ingin menggunakan stiker coba untuk mencari stiker dengan bahan yang berkualitas.

5. Gunakan lap microfiber
Penggunaan lap microfiber juga merupakan cara yang paling mudah untuk merawat cat body motor. Cukup dibasahi kain microfiber dengan sedikit air dan dilap pada bagian body untuk membuang jamur yang ada di body motor.

Jamur sendiri biasanya timbul akibat motor terkena air hujan dan tidak langsung dikeringkan menggunakan lap. Residu air yang mengendap di body motor membuat permukaan cat dilapisi jamur.

Di sisi lain, kain microfiber juga diyakini lebih ampuh membersihkan permukaan body tanpa meninggalkan baret dibandingkan kain kanebo.