5 Efek Buruk Pepaya Jika Dimakan Terlalu Banyak

pada 7 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Pepaya mengandung papain, enzim yang berguna bagi pencernaan.

Meski papain merupakan suplemen alami dan baik ditoleransi oleh perut, ada beberapa efek samping (cukup jarang terjadi) yang mungkin ditimbulkan, seperti dilansirHuffington Post, Kamis (4/1/2018) berikut :

1. Reaksi Alergi

Alergi mungkin saja terjadi pada orang yang memiliki sensitivitas alergi tinggi. Bisa juga karena memakan terlalu banyak pepaya.

Alergi yang timbul bisa berupa gatal-gatal dan sesak napas, tapi tidak menimbulkan kematian. Untuk menghindarinya, makanlah pepaya dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

2. Mulas

Ada beberapa orang tertentu yang setelah makan pepaya mengalami reaksi mulas. Ini karena enzim papain bekerja cepat pada saluran pencernaan dan merangsang pembuangan zat sisa.

3. Mual

Bersamaan dengan mulas, kadang seseorang merasa mual setelah makan pepaya. Tapi, ini bukan merupakan sesuatu yang berbahaya dan akan berhenti dalam waktu singkat.

4. Detak Jantung Melambat

Meski sangat jarang terjadi, enzim papain berpotensi membuat detak jantung melambat. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

5. Interaksi dengan Obat

Ada beberapa jenis obat yang berinteraksi dengan enzim pepaya. Jika kamu sedang mengonsumsi obat, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi pepaya.