5 Fakta Festival Belanja 11.11 Alibaba Tahun Ini

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising
Ilustrasi. (Foto: Newsroom Alibaba)
 
Uzone.id- Alibaba berhasil menyulap Singles’ Day alias perayaan bagi jomblo di China menjadi festival belanja 11.11 yang mendunia. Puncak dari perhelatan ini, yaitu Gala 11/11 atau 11.11 Countdown Gala Alibaba.
 
Ya, 11.11 Countdown Gala Alibaba adalah sebuah acara hiburan yang disiarkan langsung menjelang dimulainya penyelenggaraan hari belanja terbesar di dunia: 11.11.
 
Tahun ini, Taylor Swift turut memeriahkan 11.11 Countdown Gala Alibaba. Taylor Swift tampil di Mercedes Benz Arena, Shanghai bersama sederet selebriti internasional dan China.
 
Di balik itu, ada beberapa fakta menarik terkait transaksi dalam ajang tersebut. Berdasarkan newsroom Alibaba, berikut fakta kegiatan pre-event menarik untuk acara 11.11 pada 2019:
Baca juga:Dua Jam Gelar Pesta Diskon 11.11, Alibaba Raup Rp257 T
 
Nilai penjualan barang meningkat 26 persen dari tahun lalu
 
Pada 12 November 2019 dini hari, Alibaba Group mengumumkan pencapaian Gross Merchandise Value (GMV) RMB268,4 miliar (US$38,4 miliar) pada 11.11. Global Shopping Festival 2019, meningkat 26 persen dibandingkan tahun 2018.
 
Menghasilkan gross merchandise volume (GMV) lebih dari Rp 199 miliar
 
Ada lebih dari 200.000 brand yang berpartisipasi dalam 11.11 tahun ini. Lebih dari 64 brand menghasilkan gross merchandise volume melebihi RMB 100 juta (US$ 14,2 juta atau Rp 199 miliar) dari pre-order, dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.
Baca juga: Sejarah Hari Belanja Online 11.11, Bermula dari Hari Jomblo di China
Penjualan pre-order iPhone
 
Penjualan pre-order iPhone berhasil mencapai nilai sebesar RMB100 juta (US$14,2 juta atau Rp199 miliar).
 
Jumlah penjualan vialive streamingmeningkat
 
Jumlah penjual yang menggunakan fitur live streaming di tahun ini meningkat 200%. Jumlah GMV yang terjual lewat livestreaming hingga saat ini sudah meningkat 50 kali lipat dibanding tahun lalu. 
 
Ada 634.000 penonton Indonesia menyaksikan game show 11.11 di Lazada
 
Lazada mencatat lebih dari 1,1 juta kali tonton untuk acara game show 11.11 di enam pasar Asia Tenggara. Sebanyak 634.000 tontonan tersebut datang dari Indonesia.
VIDEO Nyobain Skuter GrabWheels eScooter