5 Fanwars Legendaris yang Pernah Terjadi dalam Fandom K-Pop
Bagi seorang penggemar berat K-Pop, bergabung dengan fandom idola menjadikan sebuah kebanggaan. Namun, tak jarang kebanggaan ini kemudian terbawa terlalu dalam hingga membuat fans sering bersinggungan dan terlibat adu argumen dengan fans lain dan memicufanwars.
Fanwardalam fandom K-Pop bisa dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari idola yang memang merupakan rival, hingga hal-hal sepele seperti kesamaan warna atau koreografi bisa memancing perang antarfandomberbeda.
Lalu apa saja fanwars 'legendaris' yang sangat diingat dan pernah terjadi dalam fandom K-pop? Berikut rangkumannya.
1. 'Black Ocean' SNSD
'Black ocean' merupakan salah satu aksi boikot yang dilakukan oleh satu atau beberapa fandom dengan mematikanlightsticksaat artis tertentu tampil di atas panggung. Bukan hanya mematikanlightstick, mereka juga akan diam dan tidak memberikan dukungan selama artis yang mereka tidak suka tampil. Hal ini mereka lakukan untuk untuk menunjukkan rasa tidak suka mereka terhadap grup atau pun penyanyi tersebut.
SNSD menjadi salah satu grup K-Pop yang paling diingat jika membahas 'black ocean'. Grup yang dipimpin oleh Taeyeon ini mengalami 'black ocean' tak lama setelah mereka melangsungkan debut.
Hal ini mereka alami ketika tampil dalam konser tahunan terbesar di industri bertajuk ‘Dream Concert’ pada 2008 silam. Saat kesembilan anggota SNSD tampil dengan lagu ‘Into the New World’, tak ada satupun penonton yang mengeluarkan suara atau teriakan dukungan sambil menyalakanlightstick.
Situasi venue yang begitu besar dan megah terasa sepi dan gelap. Insiden ini kabarnya dipicu darifanwarsantara fandom Super Junior dan TVXQ dengan para penggemar SNSD di situs online. Bukan hanya itu, para penggemar mengaku tidak suka dengan kedekatan para anggota SNSD dengan anggota Super Junior dan TVXQ.
2. EXO-L (EXO) dan Army (BTS)
Para penggemar EXO atau yang biasa disebut dengan EXO-L bisa dibilang cukup sering terlibat 'perang' dengan Army (nama fans BTS). Kedua penggemar ini saling menyerang lewat komentar dan unggahan di media sosial. Tidak jelas siapa yang pertama kali memicu pertengkaran antara kedua fandom tersebut.
Perseteruan kedua fandom ini mulai sering terjadi sejak tahun 2015. EXO-L dan Army sering 'perang' dan meributkan hal yang sederhana. Army mengklaim para penggemar EXO seringkali membuat tulisan ejekan dan penghinaan terhadap anggota BTS di media sosial. Tak cuma mengejek dan menghina, para penggemar EXO juga dianggap telah menyebar fitnah mengenai kasus sajaegi yang menimpa BTS, beberapa tahun ke belakang. Tak jauh berbeda, EXO-L juga menuduh BTS menjiplak konsep yang pernah digunakan oleh EXO.
Rivalitas kedua antara EXO-L dan Army masih terjadi hingga saat ini. Padahal dalam kenyataannya kedua grup idola populer tersebut berteman dekat.
3. Blackjack (2NE1) dan Sone (SNSD)
Sejak awal debut, 2NE1 dianggap sebagai rival terkuat dari SNSD. Berasal dari dua agensi raksasa SM Entertainment dan YG Entertainment, keduagirlbandini memilikifanbasepenggemar yang sama-sama kuat dan besar.
Fanwaryang melibatkan Blackjack (nama fans 2NE1) dan Sone (fans SNSD) mulai terjadi ketika kedua grup tersebut memperebutkan penghargaan 'Song of The Year' dalam acara penghargaan Mnet Asian Music Award 2011 lalu. Meskipun 2NE1 berhasil keluar jadi pemenang, namun para Sone menuduh para penggemar 2NE1 melakukan kecurangan karena SNSD menang dalam penghitunganvoting.
Tak cukup sampai disitu, 'perang' antara kedua fandom ini kembali memanas saat 2NE1 dan SNSD sama-sama memperebutkan posisi pertama di acara musik Korea Selatan. Pada 2014 keduanya melakukancomebackdan promosi di waktu yang bersamaan lalu.
'Perang' berlanjut saat 2NE1 dan SNSD memperebutkan penghargaan 'Best Female Group' dalam acara penghargaan Mnet Asian Music Award 2014 silam. Namun, perdebatan kedua fandom tersebut sepertinya sia-sia karena saat itu grup lain, Sistar, yang berhasil membawa pulang penghargaan tersebut.
4. Once(Twice) dan Sone (SNSD)
Para penggemargirlbandTwice yang bergabung dalam fandom Once dan para penggemar SNSD sering bertengkar meributkan gelar 'Nations Girlgroup'. Gelar 'Nation's Girl Group' (NGG) diberikan netizen Korea Selatan kepadagirlbandK-Pop yang dianggap populer dan mampu mewakili negara mereka di industri musik internasional.
SNSD menjadi salah satugirlbandyang dianggap punya kemampuan tersebut dan sukses mendapat gelar 'NGG'.
Namun seiring berjalannya waktu,girlbandK-Pop baru bermunculan. Salah satunya Twice yang juga punya popularitas tinggi pada awal masa debut hingga saat ini.
Perdebatan soal siapa pemegang gelar 'NGG' pun ramai diperbincangkan fans. Keduagirlbandini memang sama-sama meraih popularitas tinggi di kalangan fans K-Pop. Namun banyak fans yang kemudian beradu argumen soal pencapaian masing-masing grup.
Sone beranggapan Twice belum punya pencapaian yang bisa menyamai SNSD dan belum bisa menyandang gelar NGG. Sedangkan Once merasa Twice sudah memiliki prestasi gemilang sejak debut sebagai rookies hingga saat ini, dan pantas jika disebut sebagai NGG.
5. Cassiopeia (TVXQ) dan ELF (Super Junior)
Para penggemar kedua grup asuhan SM Entertainment ini dikenal dengan sebutan 'Pepsi fandom'. Karena mereka memiliki warna merah dan biru yang mirip dengan logo milik perusahaan minuman Pepsi. Hal ini terbukti ketika diadakannya konser dimana TVXQ dan Super Junior menjadi salah satu pengisi acara di waktu yang sama. Baik Elf maupun Cassieopeia tidak segan untuk melakukan fanchant bergantian ketika TVXQ dan Super Junior tampil.
Tapi bukan berarti hubungan Cassiopeia dan Elf berjalan mulus tanpa masalah. Fanwar sempat memanas diantara kedua fandom ini saat muncul dugaan kecurangan yang dilakukan oleh para penggemar Super Junior. ELF (fans Super Junior) diduga memanipulasi jumlahvotingdalam penghargaan Mnet Asian Music Award (MAMA).
Selain itu fanwar juga pernah dipicu masalah sepele lain yakni kritikan pedas yang ditujukan pada pada Siwon 'Super Junior' yang kala itu terpilih sebagai pemeran utama dalam drama 'Poseidon'. Dalam casting drama tersebut, Yunho 'TVXQ' juga masuk sebagai calon pemeran utama.
===================================================
Punya sesuatu yang ingin kamu katakan sebagai fans K-Pop? Yuk, ikuti lomba penulisan 'Curhatan Fandom' dari kumparan. Satu cerita terbaik berkesempatan untuk memenangkan satu buah album boyband Wanna One terbaru '0 + 1 = 1IPromise You' dan tiga pemenang lainnya mendapatkan voucher pulsa senilai Rp 350.000 untuk masing-masing pemenang.
Syarat dan ketentuannya bisa kamu lihat di sini.