5 Fitur AI Samsung Galaxy Z Fold6 & Z Flip6 yang Paling Sering Dipakai

pada 10 hari lalu - by

Uzone.id- Samsung Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 sudah resmi meluncur di Indonesia pada 24 Juli 2024. Keduafoldable phoneini dibekali sejumlah perubahan menarik berkatArtificial Intelligence(AI) yang dibenamkan.

Galaxy AI pada seri Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 kini punya fungsi yang lebih baik. Galaxy AI pada kedua ponsel ini memang punya upgrade signifikan dan memiliki 14 fitur. Beberapa di antaranya, yaituLive Translate,PDF Overlaydi Samsung Notes,Composer,Listening Mode,Circle to Search,Photo Assist,Sketch to Image,Generative Edit, danPortrait Studio.

Sejak debut perdana di Tanah Air, ada lima fitur Galaxy AI yang ternyata paling sering digunakan di Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan bahwa kelima fitur tersebut adalahCircle to Search,Photo Assist,Sketch to Image,Generative Edit, danPortrait Studio.

Pemaparan fitur Sketch to Image oleh Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia (Foto: Birgitta Ajeng)

Circle to Searchadalah metode inovatif untuk menemukan berbagai informasi hanya dengan menggunakan gambar. Cukup dengan melingkari, menyorot, atau mengetuk objek—baik itu gambar maupun teks—yang ingin dicari, informasi yang kamu butuhkan akan segera muncul di layar ponsel pengguna.

SedangkanPhoto Assist, mempermudah pengguna dalam mengedit foto dan membuat konten keren dengan cepat.Photo Assistdilengkapi dengan fitur-fitur canggih, sepertiEdit Suggestionyang dapat menyempurnakan foto atau video melalui saran pengeditan berbasis AI.

Sketch to Imagemeningkatkan pengalaman penggunaan S Pen dengan mengintegrasikan Galaxy AI pada layar Galaxy Z Fold 6. Melalui fitur terbaru ini, Samsung memudahkan pengguna menciptakan karya seni dengan menyediakan berbagai pilihan gambar saat mereka membuat sketsa atau menggambar pada foto di Gallery atau layar Note.

Nah,Portrait Studiosendiri menawarkan beragam gaya foto, seperti kartun 3D atau cat air, sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga.

"Setelah sebulan saja sudah banyak yang menggunakan lima fitur, yakniCircle to Search,Photo Assist,Sketch to Image,Generative Edit, danPortrait Studio," ujarnya dalamWorkshop Trip - Unfold Your Story with Galaxy AI Tripdi Lampung, Rabu (21/8).

Workshop Trip - Unfold Your Story with Galaxy AI Trip di Lampung, Rabu (21/8) (Foto: Birgitta Ajeng).

Lebih lanjut, Ilham mengatakan bahwa keempat dari lima fitur tersebut, yakniPhoto Assist,Sketch to Image,Generative Edit, danPortrait Studio, adalahGalaxy AIyang paling sering digunakan di Galaxy Z Flip6.

Menurutnya, hal ini lantaran Galaxy Z Flip6 banyak dipakai untukcontent creationyang memanfaatkan kamera, mengedit foto menggunakanPortrait Studio, ataupunSketch to Image.

"Nah, kita lihat bahwa penggunaan fitur AI di Galaxy Flip6 ini mostly adalah untuk penggunaan aspekcontent creation," tutur Ilham.

Di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa fitur-fitur Galaxy AI terbaru ini hanya tersedia eksklusif untuk Galaxy Z Flip6 dan Z Fold6.

"Sejauh ini kita baru akan tersedia di duadevicetersebut, ke depannya kita belum tahu nih akan tersedia didevicemana aja," ungkap Ilham.