5 Fitur Terselubung iOS 13, Jadi Makin Praktis!

pada 5 tahun lalu - by

(Ilustrasi)

Uzone.id-- Bagi para pengguna iDevice dari Apple, pembaruan sistem operasi iOS 13 cukup dinantikan karena berbagai fitur baru yang siap diusung. Setelah dirilis secara publik, ternyata ada beberapa fitur terselubung yang mungkin luput dari perhatian kalian.

Bagi yang sudah mengunduh OS baru ini, harusnya sih sudah mengotak-atik berbagai kemampuan uniknya. Ada beberapa yang terkesan telat, namun tetap layak disorot. 

Apa sajakah?

1.Shortcutuntuk Dark Mode

Oke, mode gelap alias dark mode pada ponsel pintar telah lama didambakan oleh banyak pengguna, baik Android maupun iOS. Setelah Android 10 meluncurkandark mode, kini giliran iOS 13.

Untuk mengaktifkandark modedi perangkat Apple seperti iPhone, ada dua cara.

Cara pertama terbilang konvensional. Pergi keSettings>Display & Brightness> pilihDarkdi kolomAppearance

Nah, selain melaluiSettings, ada ‘jalan pintas’ untuk mengubah mode terang atau gelap.

Cara kedua: bukaControl Panelyang biasa dibuka denganswipelayar ke atas > tekan lama di bagianBrightness> tinggal aktifkanDark Modedengan sekali klik.

(Pengaturan Dark Mode di Control Panel)

 

2.UndodanRedo

Masih ingat gak, selama ini cara untuk membatalkanactionatauundodengan cara melakukangesture shake

Nah, sekarang adagesturebaru untuk melakukanundodanredoketika mengetik sesuatu di perangkat. 

Caranya menggunakan tiga jari untuk melakukanswipeke kiri untukundo, ke kanan untukredo. Ketika melakukangesture swipetiga jari, akan ada keterangan di atas layar, apakahundoatauredo.

Baca juga:Nambah Bug... iOS 13 Update Terooos...

3.Screenshotlebih maksimal

Siapa di sini yang hobiscreenshot, khususnya hasilbrowsing? Biasanya, kalauscreenshothasil laman pencarian, ada aja pengguna yang harus niat melakukancrop tool bardan lain-lain agar screenshotnya lebih maksimal.

Nah, sekarang iOS 13 menawarkan pilihan untuk menyimpan hasilscreenshotsecara Full Page.

Caranya, setelah mengambil tangkapan layar, langsung diklik dan ada opsiScreenatauFull Page, pilih yangFull Page.

Baca juga:Jatuh dari Pesawat 1 Tahun Lalu, iPhone ini Masih Hidup

4. Lebih mudah mengatur folder aplikasi

Biasanya kalau mau mengatur aplikasi seperti menghapus atau memasukannya ke dalam folder, tinggal ditekan lama di ikon aplikasi dan semua aplikasi akan bergerak dan muncul tanda (x) untuk menghapusnya langsung.

Sekarang, jika aplikasi ditekan lama, akan muncul opsiSharedanRearrange Apps. Tinggal pilihRearrange Appsdan baru semua aplikasi bergerak dan muncul tanda (x). Enaknya, untuk memindahkan ke dalam folder, lebih mulus dan gak bikin ribet.

5. Praktis memilih Wi-Fi dan Bluetooth

Gak perlu repot-repot keSettings, pengguna tinggalswipeControl Panel dan pilih pengaturan Wi-Fi atau Bluetooth. Lalu ditekan lama,viola! Langsung bermunculan berbagai macam koneksi yang ingin disambungkan. Sepraktis itu.