5 Fitur Tokopedia buat Jualan Tetap Laris Pasca Lebaran

pada 1 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id— Bulan Ramadan dan momen Lebaran memberikan keuntungan tersendiri bagi para penjual online. Bahkan, penjualan semasa bulan Ramadan dan menjelang Lebaran naik dari hari-hari biasanya.

Lonjakan ini mendorong penjual di platform online ‘memutar’ otak agar penjualan mereka tetap stabil bahkan setelah momen Ramadan usai. Bahkan, pasca Lebaran ini bisa dibilang sebagai babak baru bagi pelaku usaha untuk mempertahankan transaksi mereka.

Sebagai salah satu e-commerce dengan pelaku usaha UMKM yang paling banyak, Tokopedia memberikan 5 tips untuk mempertahankan penjualan online pasca lebaran usai.

Lakukan evaluasi produk yang dijual

“Pasca Lebaran adalah saat yang cocok untuk melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang dijual,” kata Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustina.

Pelaku usaha bisa memanfaatkan fitur Analisis Wawasan Produk yang ada aplikasi Tokopedia Seller untuk memantau kinerja produk.

Di fitur ini, penjual juga bisa mendapat informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan minat pembeli terhadap produk yang mereka jual.

Cari tahu produk terlaris di Tokopedia

Selanjutnya, pelajari pasar dan minat pembeli di Tokopedia. Hal ini bisa membantu pelaku usaha menghasilkan strategi baru untuk bisnis mereka.

Menurut Maisyalina, “Pelaku usaha bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar secara mendalam.”

Fitur ini memberikan informasi soal produk terlaris dan kata kunci populer berdasarkan wilayah dan kategori produk di Tokopedia.

 “Sesudah mendapatkan ide bisnis setelah lebaran, pelaku usaha bisa memanfaatkan fitur Rilisan Spesial untuk memberikan kesan eksklusif dan menarik minat pembeli pada produk atau koleksi yang akan diluncurkan,” tambahnya.

Misalnya, pada kuartal I 2023 kemarin, kategori Rumah Tangga, Elektronik, Makanan dan Minuman, Fesyen serta Kesehatan menjadi yang paling laris di Tokopedia.

Perhatikan momentum dan buat promo menarik

Strategi promosi yang tepat, diiringi dengan momentum yang pas, dapat membantu penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli dan memperkuat posisi di pasar. Apalagi sekarang Tokopedia bisa dijangkau lebih dari 99 persen masyarakat di seluruh Indonesia.

Ada berbagai fitur promo yang bisa digunakan pelaku usaha, mulai dari Bebas Ongkir, Flash Sale Toko dan Diskon Toko. Penjual juga bisa ikut kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest (kategori Kecantikan, Fesyen dan Rumah Tangga), Tokopedia NYAM (kategori Makanan dan Minuman) agar toko dan produk lebih mudah ditemukan pembeli.

Percantik tampilan laman toko

Untuk memikat pembeli, jangan lupa untuk memanfaatkan dengan fitur Dekorasi Toko di Tokopedia agar tampilan toko menjadi semakin menarik.

Fitur Dekorasi Toko menyediakan template khusus dan sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan tiap kategori penjual.

Seperti, template untuk toko penjual makanan dan minuman akan berbeda dengan penjualan elektronik atau fashion.

Gunakan semua solusi pemasaran 

Tak ada salahnya untuk mencoba berbagai solusi pemasaran yang disediakan oleh pemilik platform, hal ini dapat mendongkrak penjualan produk dan menjangkau calon pembeli secara lebih luas.

Salah satunya adalah dengan memasang banner promosi di lokasi premium (‘Homepage Banner’) dan banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’).

Tokopedia Marketing Solutions juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk di halaman utama dan pencarian, salah satunya fitur beriklan agar produk tampil di pencarian paling atas.

Ada juga iklan di halaman notifikasi dan pesan serta memaksimalkan iklan media sosial intuk menargetkan pelanggan yang lebih luas.