5 Langkah Mudah Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

pada 5 tahun lalu - by

Seperti yang kita lihat dan kita rasakan sendiri, smartphone sudah menjadi sahabat terdekat kita sejauh ini. Kita lebih sering menggenggam smartphone ketimbang tangan orang-orang terkasih di sekitar kita.

Kita lebih sering menatap layar smartphone ketimbang menatap teduhnya mata sang kekasih. Kita lebih kelabakan saat smartphone kita terserang virus ketimbang ketika diri kita yang menjadi virus bagi orang lain.

Padahal hal kita tidak perlu kelabakan jika hal tersebut terjadi. Smartphone terjangkit virus memang sangat menyebalkan karena efeknya bisa mengganggu kinerja smartphone.

Tapi jika kita tahu cara mengatasinya, itu semua bukan hal yang perlu dikelabakkan. Ada 5 langkah mudah menghapus virus di Android tanpa antivirus yang perlu kamu tahu agar kamu tetap santai ketika itu terjadi pada smartphone kamu.

5 Langkah Mudah Menghapus Virus di Android

Virus bisa menyerang smartphone kita ketika kita mengakses situs atau link yang ternyata adalah virus. Selain itu, virus juga bisa berasal dari perangkat lain yang pernah terhubung dengan smartphone kita.

Jika dibersihkan dengan antivirus terkadang terlalu berisiko menghilangkan data-data yang ada pada smartphone karena memang ada antivirus yang demikian. Maka itu, cobalah 5 langkah mudah menghapus antivirus di android tanpa antivirus berikut ini.

Masuk Safe Mode

jalantikus.com

Langkah mudah menghapus virus di android yang pertama ialah dengan masuk ke safe mode. Masuk ke safe mode berarti kamu akan hanya mengoperasikan aplikasi-aplikasi inti bawaan dari sistem smartphone kamu sehingga samartphone kamu dapat bekerja lebih ringan.

Memang ketika berada di safe mode, semua aplikasi yang kamu pasang akan hilang namun hal itu hanya terjadi sementara.

Tapi keuntungannya ketika kamu berada di safe mode, kamu bisa berpindah-pindah aplikasi inti tanpa hambatan. Tidak hanya itu, kamu pun dapat dengan mudah menghapus data-data tidak penting seperti cache dan menghapus virus.

Ada smartphone yang memiliki cara sendiri agar dapat masuk ke safe mode, namun kebanyakan smartphone memiliki cara yang sama untuk masuk safe mode yaitu dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan saat proses booting.

Cek aplikasi di safe mode

jalantikus.comv

Langkah selanjutnya ialah dengan mengecek aplikasi yang terpasang ketika berada di safe mode. Langkahnya sangat mudah yaitu pilih menu Setting kemudian pilih Apps, dan setelahnya pilih tab Downloaded.

Setelah itu sistem akan otomatis menghilangkan aplikasi pihak ketiga tapi karena virus masuk kedalam sistem, maka virus dapat menjalankan sistem dan terlihat seperti aplikasi pihak ketiga. Jika kamu melihat aplikasi yang tidak pernah kamu unduh dan pasang sebelumnya, maka jelas smartphone kamu telah terjangkit virus.

Hapus aplikasi yang mencurigakan

jalantikus.com

Langkah mudah menghapus virus di android tanpa antivirus selanjutnya ialah dengan menghapus aplikasi yang mencurigakan. Jika telah ditemukan aplikasi aneh dan kamu rasa tidak pernah mengunduh dan memasangnya maka lebih baik kamu klik aplikasi tersebut dan pilih tombol uninstall.

Tapi jika virus telah masuk ke Akses Administrator, ada kemungkinan aplikasi yang diduga virus itu tidak dapat di­uninstall. Tapi jika bisa di­uninstall, maka virus yang ada di smartphone kamu pun telah hilang.

 

Hapus Akses Administrator aplikasi asing

jalantikus.com

Menghapus Akses Administrator aplikasi asing adalah langkah mudah menghapus virus di android tanpa antivirus selanjutnya. jika kamu sudah menemukan aplikasi aneh yang mempunyai Akses Administrator maka yang harus kamu lakukan ialah menghapus aksesnya.

Keluarlah dari Application Settings, lalu pilih Settings, kemudia pilih menu Security, kemudian pilih Device Administrator. Lalu coba hapus Akses Administrator aplikasi asing tersebut. Jika sudah kembali ke menu Application Settings dan seharusnya kamu sudah bisa menghapus aplikasi asing tersebut.

 

Keluar safe mode

jalantikus.com

Jika proses tadi sudah selesai dan aplikasi aneh yang tidak pernah kamu unduh dan pasang tadi sudah terhapus maka langkah mudah menghapus virus di android tanpa antivirus selanjutnya ialah dengan keluar dari safe mode dengan melakukan restart seperti biasa. Jika berhasil, maka virus dismartphonekamu sudah musnah.

Itulah 5 langkah mudah menghapus virus di android tanpa antivirus yang perlu kamu coba jikasmartphonekamu terjangkit virus. Jadi jangan buru-buru kelabakan. Selalu ada cara menangani masalah pada barang-barang teknologi.