5 Layanan yang Bisa Diakses via WhatsApp, Permudah Netizen Selama Pandemi

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

(Foto: dok. Samsung)

Uzone.id-- Teknologi kian dimanfaatkan oleh masyarakat dan pelaku usaha selama pandemi COVID-19 berlangsung. Aplikasi pesan instan WhatsApp pun menjadi salah satu ruang yang menjadi jembatan interaksi antara pengguna dan penyedia layanan atau perusahaan.

Ada beberapa perusahaan dan organisasi yang memanfaatkan akses WhatsApp agar dapat terhubung dengan mudah dengan netizen, khususnya di Indonesia, selama virus corona masih berlangsung.

Kira-kira apa saja, ya?

1. Token PLN
Di masa pandemi seperti ini, PLN tampak ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar.

PLN menyediakan layanan via WhatsApp agar dapat diakses lebih luas oleh pelanggan. Tak cuma itu, mengutip berbagai sumber, PLN juga menyediakan diskon listrik dan gratis token.

Berikut caranya:

  1. Simpan nomor 08122 123 123
  2. Atau klik linkhttps://wa.me/628122123123
  3. Ketik “listrik gratis” untuk mengaktifkan layanan
  4. PLN akan membalas keterangan mengenai gratis token dan diskon listrik
  5. Masukan nomor ID pelanggan/nomor meter
  6. Info diskon atau token gratis akan diberitahu

2. Bot pemerintah khusus COVID-19
Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan WhatsApp untuk menyediakan layanan bot khusus informasi COVID-19 agar dapat diakses oleh semua masyarakat Tanah Air.

Begini caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. (untuk iOS) klik ikon titik tiga di bagian atas > New contact ;
    (untuk Android) klik ikon New Chat > New contact
  3. Masukkan nomor +62 811-3339-9000
  4. Simpan dengan nama COVID-19.id agar resmi
  5. Mulai chat “Halo” atau kata sapaan lainnya
  6. Bot akan menjawab dan memberikan beberapa opsi pertanyaan yang akan diikuti oleh informasi seputar virus corona

Baca juga:Bye Hoaks Corona, Pemerintah Rangkul WhatsApp Bikin Bot Khusus COVID-19

3. Alfamart
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) selama ini memang menyediakan aplikasi mobile Alfacart dan Alfagift untuk melakukan pemesanan produk secara online. Namun belum lama ini, Alfamart menyediakan layanan pesan via WhatsApp juga.

Bagi yang ingin mencoba pengalaman baru memesan produk di Alfamart, begini caranya:

  1. Simpan nomor 0811 4431 3636
  2. Chat WhatsApp Alfamart, dengan sapaan seperti “Halo”
  3. Layanan SAPA (Siap Antar Pesanan Anda) akan membalas
  4. Pengguna diminta keterangan identitas seperti nama, alamat lengkap
  5. Tulis pesanan barang seperti merk, varian, isi kemasan produk
  6. Pembayaran dilakukan saat petugas antar barang

4. WhatsApp WHO
World Health Organization (WHO) tak ketinggalan menyediakan layanan melalui WhatsApp agar dapat membagikan informasi seputar pandemi corona. WHO menyuguhkan beberapa topik seperti update angka kasus corona, imbauan bepergian khususnya luar negeri, klarifikasi mitos, hingga donasi.

Cara menghubungi bot WHO tentang corona sebagai berikut:

  1. Simpan nomor +41 79 893 1892
  2. Chat WhatsApp WHO dengan sapaan apa saja, seperti “Hello”
  3. Bot akan memberikan opsi topik yang diinginkan
  4. Balas sesuai keinginan berdasarkan nomor topiknya, misal tentang mitos, berarti ketik 4
  5. WHO akan memaparkan informasi tersebut di balasan chat berikutnya

5. Layanan Samsung
Samsung Indonesia turut menyediakan layanan pelanggan melalui sambungan WhatsApp agar konsumen tak perlu pusing selama pandemi. Samsung menyediakan informasi seputar pemesanan Galaxy Fold, produk-produk ponsel, TV, kulkas, dan lainnya.

Begini cara menghubungi layanan WhatsApp Samsung:

  1. Simpan nomor 0818 021 55777
  2. Chat akun WhatsApp Samsung dengan sapaan apa saja seperti “Halo”
  3. Samsung akan membalas dengan beberapa daftar informasi yang ingin diketahui pengguna
  4. Balas sesuai kode topiknya, misal ingin tahu tentang pemesanan Galaxy Fold, ketik “GFOLD”
  5. Samsung akan memberikan informasi lebih lanjut seputar topik yang dipilih