5 Pose Yoga Sederhana untuk Menjaga Kebugaran Saat Puasa

pada 7 tahun lalu - by

Puasa sering kali menjadi alasan untuk bermalas-malasan, tidak terkecuali untuk olahraga. Alasannya pun beragam, tapi umumnya banyak orang malas olahraga saat puasa karena takut kelelahan dandehidrasi. Padahal,olahraga saat puasaitu juga penting, lho!

Anda tidak harus melakukan olahraga berintensitas tinggi yang membuat Anda kehabisan tenaga, tapi cobalah melakukan olahraga yang ringan namun tetap memberikan banyak manfaat saat melakukannya. Yap! Anda bisa melakukan olahraga yoga saat puasa.

Pose yoga saat puasa

Sambil menunggu waktu berbuka atau pagi hari setelah subuh,pose yogasaat puasa yang sederhana berikut ini bisa jadi panduan untuk mendapatkan tubuh sehat, ideal dan segar selama puasa.

1. Cat-cow pose

http://www.everydayhealth.com/yoga-pictures/morning-yoga-poses-to-start-your-day.aspx

Sebelum melakukan yoga saat puasa, pertama-pertama siapkan dulu matras yoga atau alas yang nyaman. Letakkan telapak tangan dan lutut di atas matras layaknya posisi merangkak. Pastikan pergelangan tangan sejajar lurus di bawah bahu dan lutut terbuka sejajar pinggul serta ujung jari kaki menekan lantai. Lalu tarik napas dan cekungkan punggung hingga seperti sapi. Tahan selama 8 detik. Kemudian keluarkan napas dan cembungkan punggung seperti kucing. Tahan selama 8 detik. Ulangi rangkaian pose ini beberapa kali. 

2. Seated twist

http://www.everydayhealth.com/yoga-pictures/morning-yoga-poses-to-start-your-day.aspx

Untuk melakukan pose yoga yang satu itu sangat mudah. Caranya duduklah bersila di atas matras. Lalu lakukan proses tarik-buang napas secara perlahan. Ketika melakukan hembusan napas, putar tubuh ke bagian kanan. Usahakan agar tangan kanan lurus menghadap ke belakang dan tangan kiri menyentuh dengkul. Tahan pose ini selama 8 detik. Lalu lakukan gerakan yang sama ke arah kiri.Rasakan ketika otot-otot pada bagian pinggang, lengan dan punggung terasa tertarik.

Gerakan yoga sederhana ini memiliki fungsi untuk membakar lemak pada bagian perut serta menjaga agat hati, ginjal dan lambung berfungsi dengan normal.

3. Downward dog

http://www.everydayhealth.com/yoga-pictures/morning-yoga-poses-to-start-your-day.aspx

Posisikan diri Anda dalam keadaan merangak. Lalu tekan seluruh telapak kaki dan jari kaki ke lantai, dan letakkan tangan sedikit di depan bahu Anda. Pastikan pergeralangan tangan Anda sejajar lurus di bawah bahu dan lutut terbuka sejajar pinggul. Kemudian angkat tulang pantat Anda ke arah langit-langit dan dorong tumit ke lantai sampai membentuk huruf V terbalik. Usahakan agar kepala Anda tetap rileks, dan coba tahan posisi selama 1-3 menit.

Pose ini berfungsi untuk meregangkan otot lengan, dada, kaki dan punggung.

4. Warrior one

http://www.everydayhealth.com/yoga-pictures/morning-yoga-poses-to-start-your-day.aspx

Berdirilah dengan tegap, lalu ambil sekitar 3 langkah besar ke belakang dengan kaki kiri. Kemudian tekuk kaki kanan sampai membentuk sudut 90 derajat sehingga posisinya tepat berada di atas pergelangan kaki. Angkat kedua tangan ke atas kepala Anda dan turunkan tubuh atas menuju lantai. Pastikan jika jari-jemari tangan dalam keadaan terbuka dan posisikan pandangan menghadap ke atas. Tahan posisi selama 30 detik hingga 1 menit, ulangi dengan mengganti kaki.

5. Warrior two

http://www.everydayhealth.com/yoga-pictures/morning-yoga-poses-to-start-your-day.aspx

Berdirilah lalu rentangkan kaki Anda sekitar 3-4 langkah, kemudian tekuk kaki kanan sampai membentuk sudut 90 derajat. Letakan tangan Anda ke pinggul dan rilekskan bahu Anda. Lalu rentangkan lengan ke arah samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Setelah itu, hadapkan pandangan Anda ke arah tangan kanan. Tahan pose ini selama 1 menit, dan ulangi gerakan dengan mengganti kaki ke sisi yang berbeda.  

Tanpa takut dehidrasi dan kelelahan berlebihan, 5 gerakan yoga saat puasa yang sudah dijabarkan di atas bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka. Jadi puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidak berolahraga, kan? Karena jika kamu rutin berolahraga meskipun hanya dengan intensitas ringan, manfaat puasa untuk kesehatan bisa terasa lebih maksimal. Selamat mencoba!

The post5 Pose Yoga Sederhana untuk Menjaga Kebugaran Saat Puasaappeared first onHello Sehat.